Kapal MVPP asal Turki saat bersandar di Pelabuhan Belawan, Minggu (21/5).
Kapal MVPP asal Turki saat bersandar di Pelabuhan Belawan, Minggu (21/5).

Medan | rakyatmedan.com
Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi memastikan pasokan listrik di Sumatera Utara aman. Apalagi sejak Kapal Marrine Vesel Power Plant (MVPP) 240 MW tiba di Belawan. Dia berharap kedepan tidak ada lagi permasalahan kelistrikan di Sumut.

“Kecuali persoalan teknis seperti pembangkitnya rusak. Tetapi kalau berdasarkan kemampuan daya yang ada, tidak ada masalah. Saya juga sudah sampaikan kepada PLN kalau bulan puasa tidak ada pemadaman listrik saya akan berikan reward kepada PLN,” kata Tengku Erry usai pelantikan Walikota Tebingtinggi dan Bupati Tapanuli Tengah, Senin (22/5).

Kapal MVPP tiba di Belawan pada, Minggu (21/5). Itu lebih cepat dari waktu yang ditargetkan. Tengku Erry berharap, MVPP bisa menjadi solusi kelistrikan yang selama 10 tahun mendera Sumut.

Menurut informasi yang diterimanya dari pihak PLN sudah bisa memenuhi kebutuhan daya listrik di Sumatera Utara dan Aceh mencapai 1.850 Mega Watt. Hanya saja PLN hanya memiliki cadangan daya sedikit. Oleh karenanya kehadiran MVPP akan menambah cadangan daya listrik sebesar 240 Megawatt.

Lebih lanjut dikatakan Erry keberadaan MVPP juga dalam rangka membantu penyelesaian sejumlah pembangkit yang saat ini sedang dibangun di antaranya pembangkit listrik panas bumi Sarulla yang sudah masuk 110 mega watt (3×110 megawatt) dan pembangunan pembangkit listrik Pangkalan Susu 3 dan 4.

Hal ini ini belum ditambah dari sejumlah pembangkit listrik lainnya seperti Micro Hidro juga bisa menjadikan Sumatera Utara semakin paten, karena persoalan listriknya tidak ada masalah lagi. (rm-03)

portal berita medan
informatif & terpercaya