Seorang petugas rukyat meneropong posisi hilal (bulan) guna menentukan Idul Fitri 1 Syawal
Seorang petugas rukyat meneropong posisi hilal (bulan) guna menentukan Idul Fitri 1 Syawal

Medan | rakyatmedan
Pantai Binasi Kecamatan Sorkam, Kabupaten Tapanuli Tengah dicanangkan sebagai tempat untuk melakukan pengamatan bulan sabit muda perta atau rukyatul hilal Awal Ramadan Tahun 1438 H/2017 M  oleh Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Utara. Acara pengamatan ini akan dilaksanakan pada Jumat (26/5) mendatang.

Demikian disampaikan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, Tohar Bayoangin, di ruang kerjanya, Selasa (23/5).

"Kakanwil Kemenagsu merasa sangat bersyukur, karena Pengamatan Rukyatul Hilal di Sorkam sudah lama sekali diwacanakan namun tahun ini. Alhamdulillah bisa terealisasi," ujar Tohar Bayoangin.

Dia menyampaikan, selain di Sorkam Pengamatan Rukyatul Hilal Awal Ramadan tahun ini juga akan dilaksanakan di Lantai IX Kantor Gubernur Sumatera Utara Jalan Diponegoro No. 30 Medan.

"Saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang memfasilitasi kegiatan ini," ungkapnya.

Sementara itu, Tenaga Ahli Hisab Rukyat Kanwil Kemenagsu Chairul Zein mengatakan, Ijtima Awal Ramadhan 1438 H di wilayah Indonesia terjadi pada hari Jumat tanggal 26 Mei 2017 pukul: 02j 45m 39d WIB.  Ketika terbenam matahari pada hari terjadinya ijtima, di seluruh Indonesia hilal sudah berada di atas ufuk mari antara : +06o 31' 43" (Jayapura, Papua) s.d. +07o 57' 24" (Pelabuhan Ratu, Jawa Barat) telah memenuhi kriteria Imkan Rukyat dan kriteria MABIMS, maka menurut hisab tanggal 1 Ramadhan 1438 H jatuh pada hari Sabtu tanggal 27 Mei 2017 M.

"Namun untuk penetapan kapan jatuhnya tanggal 1 Ramadan 1438 H (Ibadah Puasa Ramadan) secara syari agar menunggu pengumuman keputusan Pemerintah RI dari hasil siding Itsbat Menteri Agama RI di Jakarta," ungkapnya. (rm-02)

portal berita medan
informatif & terpercaya