Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi saat menyambut Konjen Jepang yang baru Takeshi Ishii, Kamis (8/6).
Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi saat menyambut Konjen Jepang yang baru Takeshi Ishii, Kamis (8/6).

Medan | rakyatmedan.com
Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi menerima Konsul Jenderal Jepang yang baru Mr Takeshi ISHII di Kantor Gubsu, Kamis (8/6). Gubernur menyampaikan ucapan selamat bertugas kepada Takeshi dan berharap kerjasama Sumut-Jepang lebih ditingkatkan.

“Kami ucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada konsul Jenderal Jepang. Mudah-mudahan bisa betah selama bertugas di Sumatera,” ujar Erry Nuradi.

Dia mengungkapkan, harapannya agar kerjasama yang sudah baik selama ini terjalin antara Jepang dan Sumut bisa dilanjutkan dan ditingkatkan menjadi lebih baik lagi.

Gubsu mengatakan merinci berbagai kerjasama yang sudah dilaksanakan agar bisa dilanjutkan yaitu kerjasama sister city diantaranya Kota Medan dengan Kota Ichikawa. Sejauh ini memang sudah dijalin kerjasama kota-kota di Jepang dengan kabupaten/kota di Sumut di antaranya Kota Medan, Binjai dan Tapanuli Utara.

Secara khusus, Gubsu mendambakan kedepannya terjalin kerjasama Sister Province antara Sumut dengan salah satu provinsi yang ada di Jepang.

Tengku Erry yang pernah mengenyam pendidikan singkat di Jepang ini menyimpan harapan Sumut kelak bisa memiliki kerjasama sister province dengan salah satu provinsi seperti Prefektur Aichi yang memiliki potensi menyerupai Sumut.

“Mudah-mudahan di bawah masa kepemimpinan Mr Takeshi hal itu bisa terwujud,” ujar Erry.

Dalam kesempatan itu, Erry juga mengungkapkan bahwa di banyak warga Sumut yang pernah mengenyam pendidikan di Jepang. Para alumni tersebut, menurut
Erry, bisa dioptimalkan dalam berbagai kerjasama yang bermanfaat bagi Sumut maupun Jepang.

“Sekali lagi selamat bertugas, mudah-mudahan ada semangat bersama kita untuk mendukung pembangunan Sumut yang lebih paten lagi,” pungkas Erry.

Dalam kesempatan itu, Takeshi mengucapkan terimakasih atas waktu yang dilungkan Gubsu untuk bisa menerima kunjungan kehormatan pihaknya.

Takeshi mengatakan selama masa kerja di Sumateraa, ia akan berupaya  meningkatkan kerjasama dan hubungan baik yang sudah terjalin.

Salah satu program Takeshi adalah mempersiapkan peringatan 60 tahun hubungan Indonesia -Jepang yang akan dilaksanakan pada tahun depan. Untuk itu, dia meminta dukungan dan kerjasama Pemerintah Provinsi untuk menggelar acara tersebut. (rm-03)