Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menerima kunjungan Representative of Taipei Economic and Trade Office in Indonesia (TETO), Mr Che Chung (Jhon C Chen) dan rombongan di Balai Kota Medan, Kamis (8/6).

Medan | rakyatmedan.com
Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menerima kunjungan Representative of Taipei Economic and Trade Office in Indonesia (TETO), Mr Che Chung (Jhon C Chen) di Balai Kota Medan, Kamis (8/6).

Selain bersilaturahmi, kedatangannya juga ingin mempromosikan Kota Medan kepada para investor dari Taiwan sehingga tertarik berinvestasi di Kota Medan.

Di dampingi  sejumlah diplomat senior seperti Director William Hsu,  Director Robert Lin dan  Secretary Roy Hsu,  Che Chung mengaku, ingin melihat langsung kondisi Kota Medan setelah mendapat informasi bahwasannya ibukota Provinsi Sumatera Utara ini merupakan kota nomor tiga terbesar di Indonesia.

Dari hasil pantauan yang dilakukannya, Che Cung mengatakan pembangunan di Kota Medan cukup pesat. Ditambah lagi Medan merupakan kota pertama di Indonesia yang bandara udaranya terkoneksi langsung dengan kereta api.  Oleh karenanya, dia melihat banyak investasi yang bisa dilakukan di kota yang memiliki lahan seluas lebih kurang 26.510 hektar tersebut.

“Setelah melihat langsung kondisi Kota Medan, saya ingin mempromosikannya kepada para investor di Taiwan sehingga mereka tertarik untuk berinvestasi di sini. Banyak yang bisa dikerjasamakan,” kata Che Chung.

Selanjutnya dalam pertemuan dengan walikota tersebut, Che Cung juga menawarkan kejasama di bidang pendidikan. Sebab, Taiwan memiliki banyak perguruan tinggi berkualitas yang siap membantu untuk meningkatkan mutu dan derajat pendidikan di Kota Medan. Sebagai langkah awal, Che Chung menawarkan bea siswa kepada pelajar berprestasi di Kota Medan.

“Syaratnya pelajar itu muda dan berprestasi, kita siap memberikan beasiswa agar mereka dapat menimba ilmu di Taiwan,” ungkapnya.

Selain pendidikan, Che Chung juga mempromosikan bidang kesehatan. Dikatakannya, perawatan kesehatan di Taiwan cukup baik dan didukung peralatan medis yang canggih dan sangat modern.  Di samping itu biaya biayanya pun relatif murah jika berobat ke Singapura maupun Jepang.

“Perawatan berobat di Taiwan lebih murah sepertiga dibandingkan berobat di Singapura atau Jepang,” paparnya.

Terakhir, pria berkacamata itu mengaku sangat tertarik dengan keindahan Danau Toba setelah melakukan kunjungan ke sana.  Oleh karenanya, Che Chung akan mempromosikan keindahan danau yang menjadi kebanggaan warga Sumatera Utara itu kepada warga Taiwan, sehingga mereka tertarik mengunjunginya.

Didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Ir Qamarul Fatah dan Kadis Tenaga Kerja Kota Medan, Hanalore Simanjuntak, walikota mengucapkan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan Che Chung selaku perwakilan Taiwan di Indonesia. Apalagi walikota mengaku sangat dekat dan akrab dengan Walikota Khaosiung ketika menghadiri acara Global Harbor Cities Forum beberapa waktu lalu.

“Kunjungan ini tentunya sangat membanggakan bagi kami, terutama lagi kedatangan ini dalam rangka untuk mempromosikan Kota Medan kepada para investor dari Taiwan sehingga mau berinvestasi di Kota Medan,” kata Walikota.

Kepada Che Chung, walikota memaparkan, Kota Medan saat ini tengah gencar membangun, terutama dalam bidang infrastruktur. Salah satunya  rencana pembangunan jalan tol lingkar luar yang akan mengelilingi  Kota Medan.  Selain untuk mengatasi kemacetan, jalan tol lingkar luar ini juga untuk mendukung kelancaran transpostasi.

“Kita harapkan kunjungan ini berbuah investasi dan kita menyambut baik. Apalagi mereka ingin membangun kawasan industri khusus Taiwan di Kota Medan. Insya Allah kita sangat welcome dengan rencana ini. Termasuk, membantu dalam peningkatan pariwisata dengan mendatangkan lebih banyak lagi warga Taiwan ke Kota Medan, termasuk menikmati keindahan Danau Toba,” terangnya. (rm-05)