Agar Kulkas Tetap Awet, Begini Cara Merawatnya!
Agar Kulkas Tetap Awet, Begini Cara Merawatnya!

Kulkas berkualitas biasanya dibanderol dengan harga cukup mahal. Kalau kita menggunakan kulkas berkualitas tersebut, tentu saja kesegaran makanan akan terjaga dengan baik. Kendati demikian, bukan berarti kita harus membeli kulkas dengan harga yang paling mahal. Sebab hal tersebut tak ada artinya bila kita tidak merawat kulkas dengan baik.
Jadi, sekarang kita mesti mencermati beberapa cara berikut ini agar bisa merawat kulkas dengan benar. Maka kulkas kesayangan kita akan tahan lama dan tak mudah rusak.

Jarak antara Kulkas dan Tembok

Ketika meletakkan kulkas untuk pertama kalinya, usahakan agar bagian kiri, kanan, dan belakang kulkas tidak langsung menempel dengan tembok. Harus ada jarak kurang lebih 20 cm antara kulkas dan tembok. Agar sirkulasi udara pada kulkas tetap lancar. Hal ini akan membuat kinerja kulkas berlangsung optimal dan tidak mudah rusak.

Pintu Kulkas Tak Boleh Dibuka Terlalu Lama

Membuka pintu kulkas terlalu lama akan membuat mesin kulkas bekerja ekstra keras. Jadi, bukalah kulkas sesaat saja saat mengambil makanan atau minuman yang kita butuhkan. Usahakan agar tidak lalai menutup pintu kulkas setelah membukanya.

Jangan Mengisi Kulkas Terlalu Penuh

Kinerja mesin kulkas pasti menjadi sangat berat jika kita mengisinya sampai terlalu penuh. Tak hanya itu saja, kulkas juga bisa berbau tak sedap karena aroma makanan dan minuman bercampur jadi satu. Luangkan waktu untuk menyingkirkan sisa-sisa makanan yang sudah alma disimpan di kulkas. Agar masih ada ruang yang tersisa untuk makanan dan minuman lainnya.

Mengatur Temperatur Kulkas Sesuai Kebutuhan

Temperatur kulkas harus diatur dengan tepat agar makanan dan minuman jadi lebih awet. Selain itu, temperatur kulkas yang terlalu dingin juga akan membuat penggunaan listrik jadi semakin boros. Sesuaikan saja temperatur kulkas dengan kuantitas barang yang ada di dalamnya.

Membersihkan Kulkas Secara Rutin

Kulkas harus dibersihkan secara teratur minimal 2 minggu sekali. Gunakan sabun cuci piring yang sudah dilarutkan dengan bersih. Kemudian gunakan kain lap bersih untuk membasuh seluruh isi kulkas. Bersihkan pula noda-noda yang berasal dari tumpahan makanan dan minuman. Cara sederhana ini akan membuat kulkas senantiasa bersih dan bebas bau tak sedap. Hindari penggunaan bahan-bahan kimia yang bisa merusak komponen-komponen kulkas karena bersifat abrasif.

Bunga Es Juga Harus Dibersihkan

Bunga es yang biasanya terdapat pada bagian freezer harus dibersihkan secara teratur supaya tidak menumpuk. Jangan mencungkil bunga es dengan benda-benda tajam agar bagian dalam kulkas tidak tergores. Kita hanya perlu mencabut aliran listrik pada kulkas. Diamkan kulkas selama beberapa jam sampai bunga es tersebut mencair dengan sendirinya.

Jangan Memasukkan Makanan Panas ke Kulkas

Makanan panas ternyata berpotensi menimbulkan kerusakan serius pada kulkas. Karena kulkas harus bekerja ekstra keras untuk mendinginkan makanan tersebut. Jadi, sebaiknya kita menunggu sejenak sampai makanan tersebut mulai dingin. Setelah makanan berada pada kondisi temperatur ruangan, kita pun bisa segera memasukkannya ke kulkas.

Rencana untuk memiliki kulkas baru yang sesuai kebutuhan bisa kita wujudkan dengan cara memesan di MatahariMall. Sejak ada MatahariMall.com, berbelanja perangkat elektronik jadi semakin mudah, hemat, dan menyenangkan. Mari mengakses website MatahariMall terlebih dahulu untuk memilih kulkas yang kita butuhkan. Ingin kulkas berukuran kecil maupun besar, semuanya tersedia secara lengkap di MatahariMall. Karena MatahariMall selalu hadir sebagai solusi belanja hemat nan praktis bagi kita semua. Selamat berbelanja di MatahariMall!