Sakit Komplikasi, Yon Koeswoyo Tutup Usia

39
Foto: Vokalis band Koes Plus, Yon Koeswoyo.

Jakarta | rakyatmedan – Vokalis band Koes Plus, Yon Koeswoyo meninggal, Jumat (5/1). Pria berusia 77 tahun itu sudah lama mengindap penyakit komplikasi.

Berita berpulangnya musikus legendaris itu disampaikan Bens Leo. Pengamat musik ini mengatakan berita itu didapat dari Nomo Koeswoyo, saudara Yon Koeswoyo yang juga dikenal sebagai pemusik.

“Ya benar, saya ditelepon oleh Mas Nomo tadi pagi,” kata Bens Leo di ujung telepon.

Yon Koeswoyo mengembuskan napas terakhir pada Jumat (5/1) pukul 05.50 WIB. Yon Koeswoyo disemayamkan di rumah duka di Jalan Salak, kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, Banten.

“Setahu saya Mas Yon punya komplikasi penyakit. Sempat juga bolak balik dirawat. Salah satunya di rumah sakit di BSD (Bumi Serpong Damai-red). Saya sempat jenguk,” kata Bens Leo lagi.

Tak Mau Makan
Sang istri, Bonita menuturkan bahwa Yon tak mau makan. Hal itu juga yang membuat vokalis yang mahir bermain gitar itu terhambat kesembuhannya.

Bonita juga menuturkan saat itu sang suami menderita komplikasi penyakit. Yon Koeswoyo punya riwayat penyakit infeksi paru-paru dan jantung.

“Mas Yon juga punya riwayat sakit diabetes,” ucap Bonita, saat itu. Yon Koeswoyo dirawat di salah satu rumah sakit di kawasan BSD, Tangerang Selatan.

Yon Koeswoyo dikenal sebagai musikus legendaris. Bersama saudara-saudaranya, ia mendirikan band Koes Bersaudara di era tahun 1960-an. Kemudian band itu berubah nama menjadi Koes Plus dengan bergabungnya Murry sebagai penggebuk drum. Tak terhitung banyak hit Koes Plus yang dikenal sebagai lagu legendaris hingga kini.