Dilantik Gubsu, Pj Walikota Padangsidempuan dan Wakil Walikota Pematangsiantar Diminta Gali Potensi Daerah

48
Foto: Gubsu Dr Ir Erry Nuradi MSi melantik Kepala Dinas Pengelolaan Pajak dan Retribusi Provsu Dr Sarmadan Hasibuan sebagai Penjabat (Pj) Walikota Padangsidempuan serta Togar Sitorus sebagai Wakil Walikota Kota Pematangsiantar.

Medan | rakyatmedan – Gubsu Dr Ir Erry Nuradi MSi melantik Penjabat (Pj) Walikota Padangsidempuan dan Wakil Walikota Pematangsiantar, di aula Raja Inal Siregar Lantai II Kantor Gubsu, Jumat (12/1).

Erry melantik Kepala Dinas Pengelolaan Pajak dan Retribusi Provsu Dr Sarmadan Hasibuan sebagai Penjabat (Pj) Walikota Padangsidempuan. Sedangkan Togar Sitorus sebagai Wakil Walikota Kota Pematangsiantar.

Sarmadan dipilih menjadi Penjabat Walikota Padang Sidempuan setelah Walikota Padangsidempuan dan Wakil Walikota Padangsidempuan telah berakhir masa jabatannya pada tanggal 4 Januari 2018 yang lalu. Sarmadan mengisi kekosongan jabatan menungngu pemilihan kepala daerah serentak pada 27 Juni 2018.

Sedangkan pelantikan Togar Sitorus Wakil Walikota Pematangsiantar adalah untuk mengisi kekosongan jabatan dikarenakan Wakil Walikota terpilih pada Pilkada 2016 lalu, Hefriansyah telah dilantik menjadi walikota. Hefriansyah menggantikan almarhum Hulman Sitorus walikota terpilih yang meninggal dunia.

Pada kesempatan tersebut, Gubsu Tengku Erry Nuradi mengharapkan para pejabat yang baru dilantik untuk bisa memanfaatkan potensi-potensi sekreatif mungkin sehingga hasilnya nanti dapat dinikmati oleh masyarakat.

“Kota Pematangsiantar sebagai salah satu pendukung dari pengembangan pariwisata Danau Toba diharapkan Kota Pematangsiantar harus bisa memanfaatkan peluang ini apalagi pemerintahan juga ingin mengembangkan pembangunan proyek strategis nasional melintas Kota Pematangsiantar,” ujar Gubsu Erry.

Sedangkan kota Padangsidempuan sebagai kota terbesar yang ada di pantai barat sama dengan kota lain Sibolga itu juga harus bisa memanfaatkan potensi potensinya sebagai pusat dari Tapanuli bagian selatan.

“Kami yakin dengan pengalaman penjabat Walikota Padangsidempuan yang pernah berdinas menjadi Sekda di Kota Padangsidempuan selama lebih kurang hampir 7 tahun tentunya juga tidak asing lagi untuk bisa bersatu dengan seluruh masyarakat di sana, untuk membangun Kota Padangsidempuan,” sebut Gubsu Erry.

Selanjutnya Gubsu Erry mengatakan bahwa tanggal 27 Juni 2018 akan dilaksanakan pesta demokrasi serentak di seluruh Indonesia yang diikuti oleh 171 daerah 17 provinsi 115 kabupaten dan 39 kota. Khusus di Sumatera Utara, lanjutnya ada 8 kabupaten kota dan provinsi yang melaksanakan pilkada.

Kegiatan ini akan meningkatkan suhu politik di tengah-tengah masyarakat karena seluruh pasangan calon dan partai politik tentunya berusaha untuk meyakinkan pemilih memberikan hak pilihnya.

Namun, Gubsu Erry berharap agar hal ini tidak menimbulkan perpecahan di tengah-tengah masyarakat. Kita akan diuji, apakah kita telah memiliki kedewasaan di dalam berdemokrasi. Selanjutnya pada tahun 2019 kita akan melaksanakan pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilihan anggota legislatif.

Diharapkan bahwa Pilkada 2018 ini adalah tempat kita untuk menunjukkan bahwa Sumatera Utara adalah provinsi yang siap melaksanakan demokrasi yang baik dan benar.

”Marilah kita terus merajut keberagaman itu dalam kebhinekaan kita dalam kesatuan negara kesatuan Republik Indonesia,” ajak Gubsu Erry.

Hadir pada kesempatan tersebut DPD RI Parlindungan Purba, Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Utara Dr Nurhajizah Marpaung, unsur forum koordinasi pimpinan daerah provinsi Sumatera Utara, bupati dan walikota yang hadir tampak hadir wakil walikota Medan, Walikota Pematangsiantar, Ketua DPRD pematang Siantar dan Padang Sidempuan SKPD provinsi serta para ulama seluruh tokoh masyarakat baik Padang Sidempuan dan kota Pematangsiantar. Dalam acara pelantikan pejabat Walikota Padangsidempuan dan wakil walikota Pematangsiantar. (rm-04)