Zumi Zola Dikabarkan Jadi Tersangka, Mendagri: Tunggu Keterangan Resmi KPK

34
Foto: Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli menjalani pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi di gedung KPK.

Jakarta | rakyatmedan – Terpetik kabar Gubernur Jambi, Zumi Zola telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus suap penyusun APBD provinsi tersebut.

Kasus suap APBD sendiri terkuak setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan di Jambi. Rabu, 31 Januari 2018, komisi anti rasuah menggeledah rumah sang gubernur.

Isu Zumi Zola telah jadi tersangka pun merebak. Namun belum ada penjelasan resmi dari Rasuna Said, apakah benar Gubernur Jambi itu telah ditetapkan jadi tersangka.

Menanggapi itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mengatakan, sebagai Mendagri tentu ia akan menunggu dulu keterangan resmi dari KPK. Karena penetapan Zumi Zola sebagai tersangka masih sebatas isu. Belum ada penjelasan resmi dari komisi anti rasuah. Asas praduga tidak bersalah harus dikedepankan dulu.

“Terkait berita (status) tersangka KPK kepada kepala daerah, apakah itu gubernur, walikota dan bupati, prinsipnya saya menunggu keputusan resminya dulu oleh KPK. Apapun asas praduga tidak bersalah harus tetap dikedepankan,” ujar Tjahjo. (rm/k)