Rohim Tampil Apik, PSMS Singkirkan Persebaya

42
PSMS Medan saat ketemu Persebaya di perempat final Piala Presiden 2018.

Solo | rakyatmedan – Kiper PSMS Medan Abdul Rohim tampil apik kala menghadapi Persebaya di perempat final Piala Presiden 2018 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (3/2) sore. Meski kebobolan tiga gol, Rohim dinilai berjasa lantaran mampu menepis sejumlah tendangan lawan pada babak adu penalti.

Pertandingan antara Persebaya melawan PSMS berlangsung seru. Kejar mengejar gol terjadi dalam laga babak 8 besar Piala Presiden 2018 ini. PSMS unggul lebih dulu pada menit kelima saat N’Guessa Yessoh menjebol gawang Persebaya.

Gol berasal dari umpan tarik Antoni Putro Nugroho dari sisi kiri pertahanan Persebaya. Dengan leluasa N’Guessa menyundul bola untuk merobek gawang Miswar Saputra.

Pada menit ke-33 Persebaya menyamakan kedudukan. Gol penyeimbang lahir melalui penalti. Hadiah penalti diberikan wasit karena terjadi pelanggaran terhadap pemain Persebaya di petak terlarang. Penalti tidak disia-siakan Irfan Jaya untuk menyamakan kedudukan.

Di pengujung babak pertama, PSMS secara mengejutkan kembali unggul. Kali ini gol kedua PSMS dihasilkan Sadney Urikhob lewat serangan balik cepat. Skuat Persebaya yang terlalu asyik menyerang membuat pertahanan menjadi longgar.

Di awal babak kedua penyerang PSMS kembali mengubah kedudukan. Ayam Kinantan berhasil mencetak gol kedua lewat Frets Butuan. Skor berubah menjadi 3-1 untuk keunggulan PSMS atas Persebaya.

Tapi Persebaya cepat bangkit. Dua mantan pemain Persipura langsung membayar ketinggalan Persebaya dari PSMS. Pada menit ke-66 Ferinando Pahabol membobol gawang PSMS. Tiga menit berselang giliran Nelson Alom berhasil menyamakan skor menjadi 3-3 lewat tendangan keras dari luar kotak penalti.

Skor 3-3 menjadi penutup waktu pertandingan normal. Sesuai regulasi laga akhirnya dituntaskan dengan langsung adu tendangan penalti. Dalam tos-tosan ini ternyata PSMS lebih beruntung untuk memenangi pertandingan.

PSMS mendapatkan jatah penendang pertama di babak adu penalti. Reinaldo Lobo yang maju sebagai algojo gagal menyelesaikan tugasnya dengan baik. Sepakannya melambung tinggi di atas mistar gawang Miswar Saputra.

Giliran Persebaya yang mengambil tendangan 12 pas. Misbakus Solikin mengarahkan sepakan ke kiri gawang yang menipu Abdul Rohim. Persebaya 4-3 PSMS.

PSMS menyamakan kedudukan lewat Legimin Raharjo. Tendangannya ke sisi kanan gawang mengecoh Miswar Saputra. Persebaya 4-4 PSMS.

Penendang kedua Persebaya, Fandry Imbiri melancarkan tendangan keras ke kanan gawang Abdul Rohim. Sepakan tersebut masuk dan membuat Persebaya unggul 5-4.

Miswar Saputra hampir saja menghalau tendangan Yessoh N’Guessan. Namun, laju bola terlalu kencang yang mengarah ke kiri gawangnya. Persebaya 5-5 PSMS.

Sepakan penendang ketiga Persebaya, Ferinando Pahabol berhasil ditangkap dengan baik oleh Abdul Rohim. Selanjutnya, tendangan Sadney Urikhob juga suskes diamankan oleh Miswar Saputra. Kedudukan masih imbang 5-5.

Persebaya mendapatkan kesempatan untuk unggul. Tapi sayang, tendangan Abu Rizal ditepis dengan baik oleh Miswar Saputra.

PSMS gagal memanfaatkan kans untuk menang setelah tendangan Frets Butuan melebar. Kesempatan Persebaya untuk melangkah ke babak semifinal juga gagal usai sepakan Otavio Dutra berhasil dihalau Abdul Rohim.

Penendang keenam Persebaya (Oktafianus Fernando) dan PSMS (Suhandi) sukses mencetak gol. Kedudukan berubah menjadi Persebaya 6-6 PSMS.

Abdul Aziz membuat Ayam Kinantan kembali unggul. Sepakannya tidak mampu dibendung Miswar Saputra. Persebaya 6-7 PSMS.