Pasukan Yaman yang dihadapkan pada AQAP dan pihak pemberontak (Foto: AFP)
Pasukan Yaman yang dihadapkan pada AQAP dan pihak pemberontak (AFP)

Serangan Udara AS Hantam Kekuatan Al Qaeda di Yaman
rakyatmedan.com
Serangan udara Amerika Serikat (AS) di wilayah Yaman, menewaskan enam orang anggota Al Qaeda. AS selama ini masih menganggap Al Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP) sebagai kekuatan yang mengerikan. "AQAP tetap menjadi ancaman signifikan di wilayah kawasan (Timur Tengah), Amerika Serikat dan wilayah lain," pernyatan pusat komando AS, seperti dikutip AFP, Sabtu (18/6).
"Kami tetap berkomitmen untuk mengalahkan AQAP dan mencegah mereka memperoleh tempat berlindung," lanjut pihak AS.
AS,-yang menganggap AQAP sebagai cabang Al Qaeda paling berbahaya,- kerap melakukan serangan udara di Yaman. Sebagian besar serangan itu dilakukan dengan pesawat pengebom tak berawak.
Sementara dalam operasi yang terbaru, serangan pertama dilakukan pada 8 Juni di Al-Badya. Serangan ini menewaskan dua orang anggota Al Qaeda dan menghancurkan kendaraannya yang dipenuhi senjata. Sedangkan serangan pada 10 Juni di wilayah Marib, menewaskan dua orang anggota Al Qaeda dan serangan pada 12 Juni di Shabwah juga menewaskan dua orang lainnya.
"AQAP memiliki ribuan anggota di Yaman yang sangat aktif. Dibutuhkan upaya aktif pula untuk kembali menghancurkan organisasi tersebut," sebut Direktur CIA John Brennan.
"Tetapi ada raturan anggota lain yang loyal kepada kelompok Islamic State (ISIS) di Yaman," imbuh Brennan.
AQAP mengambil kesempatan dalam konflik perang saudara yang terjadi antara pemberontak Houthi dengan pasukan pemerintah Yaman. Mereka terus menyebarkan pengaruh di wilayah selatan dan tenggara dari negeri tersebut.

afp

Portal berita medan informatif & terpercaya