Kejatisu Limpahkan Berkas Korupsi USU ke Pengadilan Tipikor

1866
Suasana Taman USU yang berada di Depan Gedung Biro Rektor USU
Suasana Taman USU yang berada di Depan Gedung Biro Rektor USU

Kejatisu Limpahkan Berkas Korupsi USU ke Pengadilan Tipikor
Medan | rakyatmedan.com
Perkara dugaan korupsi pembayaran dan pengelolaan uang kuliah dari mahasiswa Program Magister Manajemen (MM) Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara (FE USU) segera bergulir di meja hijau. Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) telah mengirimkan berkas tersangka ke Pengadilan Negeri (PN) Medan, Rabu.
“Sudah kita limpahkan berkas tersangka hari ini ke PN Medan untuk segera di adili,” ungkap Kasi Penkum Kejatisu, Bobbi Sandri kepada wartawan, Rabu (22/6).
Adapun berkas yang dilimpahkan yakni milik dua tersangka, Dra Binca Wardani Lubis dan Desi Nurul Fitri masing-masing staff Program Magister Managemen USU.  “Baru tadi tim jaksa kita jalan ke PN untuk melimpahkan berkas tersangka agar segera disidangkan,” terangnya
Bobbi mengatakan, ada tiga jaksa yang ditunjuk pihak Kejaksaan untuk menyidangkan perkara ini. “Tapi namanya yang saya ingat cuma dua, yakni ibu Mutiara Herlina, Jaksa Hendrik dan Tony Pangaribuan dalam satu tim,” bebernya.
Saat disinggung berapa hasil audit untuk kerugian negara dalam kasus ini, Bobbi mengatakan, kerugian negara diperkirakan mencapai Rp6 miliar. “Hasil audit kerugian negara mencapai Rp6 miliar dalam kasus ini,” pungkasnya
Dalam kasus ini, penyidik menetapkan kedua tersangka, yakni Dra Binca Wardani Lubis dan Desi Nurul Fitri masing-masing staff Program Magister Managemen USU. Dimana, kedua tersangka dalam kasus ini, resmi ditahan Rumah tahanan negara (Rutan) Klas Ia Tanjung Gusta, Medan, Senin (25/1) lalu. Kedua tersangka dijerat dengan pasal berlapis yakni, Pasal 2 dan 3 jo Pasal 18 UU Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana. (rm-07)

Portal berita medan informatif & terpercaya