Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo.

Mendagri Minta Perangkat Desa Pahami Wilayahnya
rakyatmedan.com
Perangkat desa diharapkan dapat memahami kondisi wilayahnya. Dengan begitu, desa akan menjadi maju, apalagi dengan adanya dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat.
"Bagaimana menangani dana desa? Perangkat desa harus pahami desanya, seperti jumlah penduduk berapa, penghasilan warga desa berapa, pekerjaan masyarakatnya apa. Pahami juga geografis desa, apakah masuk area rawan bencana alam atau tidak,” kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, dalam acara Training of Trainer atau pelatihan pelatih aparatur desa di Jakarta, Kamis (23/6).
Menurutnya, koordinasi antar desa juga perlu dioptimalkan. "Jangan sampai desa yang berdekatan, perencanaan infrastrukturnya sama. Jadi, sesama kepala desa tetangga itu harus ada komunikasi," ujarnya.
Tjahjo mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang mengingingkan agar seluruh perangkat desa diberikan pembekalan. Sebab, pada 2017, desa bakal mendapatkan subsidi sekitar di atas Rp1 miliar.  "Ini energi baru bagi sebuah desa," ucapnya.
Dia mengatakan, pembangunan program desa sebaiknya tidak diserahkan kepada pemborong. "Sepanjang itu masih bisa ditangani secara padat karya, itu lebih bagus. Arahan presiden, diperbanyak kegiatan padat karya," katanya.
"Perencanaan program juga harus disesuaikan dengan anggaran. Harus ada penyusunan anggaran dengan cermat dan teliti. Kami tidak mau Bapak atau Ibu yang mengurus masalah dana desa, berurusan dengan hukum," kata Tjahjo.

sp

Portal berita medan informatif & terpercaya