Derita Stroke, Presiden Uzbekistan Meninggal Dunia

Presiden Uzbekistan, Islam Karimov (Foto: Independent)
Presiden Uzbekistan, Islam Karimov (Foto: Independent)

Derita Stroke, Presiden Uzbekistan Meninggal Dunia

rakyatmedan.com
Presiden Uzbekistan, Islam Karimov telah meninggal dunia setelah dirinya kritis karena penyakit stroke yang dideritanya.

“Ya, telah meninggal,” ucap salah satu sumber diplomatik Uzbekistan, Jumat (2/9).

Sebelumnya anak perempuan Karimov, Lola, mengatakan sang ayah yang berusia 78 tahun tengah mengidap pendarahan otak dan dikabarkan dalam kondisi kritis.

Berkuasa selama 27 tahun, Karimov pertama kali memimpin Uzbekistan saat negara itu masih menjadi bagian dari Uni Soviet. Sejumlah organisasi hak asasi manusia menyebut rezim Karimov sebagai salah satu yang paling represif di dunia.

Lama dikritik oleh Uzbekistan Barat dan kelompok hak asasi manusia, Karimov telah memerintah sejak 1989. Ia juga menjadi Ketua pertama Partai Komunis Uzbekistan dan kemudian menjadi presiden republik yang baru merdeka pada 1991.

Hingga kini, Pemerintah Uzbekistan belum mengonfirmasi kabar meninggalnya Karimov. Belum terdengar siapa yang akan menggantikan Karimov setelah ini bagi negara paling padat penduduknya di Asia Tengah tersebut.

Siapa yang akan menggantikan Karimov mungkin akan diumumkan menyusul konfirmasi terlebih dahulu dari pemerintah. Uzbekistan adalah sebuah negara eksportir utama kapas dan juga kaya akan emas dan gas alam. (rm/reuters)

portal berita medan
informatif & terpercaya