Antisipasi Penyebaran Zika, Penumpang Pesawat Wajib Isi Health Alert Card

Bandara Kualanamu, Sumatera Utara. (foto ant: Septianda Perdana)
Bandara Kualanamu, Sumatera Utara. (foto ant: Septianda Perdana)

Antisipasi Penyebaran Zika, Penumpang Pesawat Wajib Isi Health Alert Card

rakyatmedan.com
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Internasional Kualanamu (KNIA) di Deliserdang, meningkatkan pengawasan terhadap penumpang dari Singapura. Ini dilakukan agar virus zika yang sudah mewabah di sana tidak menyebar ke Indonesia.

Kepala KKP Kualanamu, dr Maruli Tua Siahaan mengatakan, KKP Kualanamu memberikan kartu kewaspadaan kesehatan atau health alert card. Setiap penumpang pesawat, wajib mengisi kartu kewaspadaan kesehatan tersebut.

“Terakhir saya dapat kabar, sudah 89 orang yang terkena wabah virus zika itu di Singapura. Makanya kartu ini wajib diisi setiap penumpang,” ucap Maruli, Sabtu (3/9).

Kartu, kata dia, diberikan ke setiap penumpang agar petugas dapat merekam data medis mereka sehingga bisa mencegah dan mengantisipasi penyebaran virus zika.

“Kegiatan ini sudah berlangsung sejak Senin (29 Agustus) lalu setelah adanya perintah dari Kementerian Kesehatan terkait antisipasi virus zika. Sebab, kasus sebelumnya telah ditemukan di Singapura,” ujarnya.

Kartu ini juga sudah dibagikan ke semua maskapai penerbangan tujuan Singapura. Kartu kewaspadaan kesehatan ini diberikan ke setiap penumpang sebelum turun dari pesawat. Penumpang diminta mengisi data sesuai petunjuk yang ada di kartu.

“Kami meminta penumpang agar mengisi data secara jujur. Tujuannya, supaya kami dapat melacak dan mengarantinakan jika mereka terindikasi. (Cara) ini lebih mudah mendeteksi virus zika,” kata dia.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan menerbitkan travel advisory atau saran untuk tak bepergian ke Singapura. Karena ratusan warga negara jiran itu sudah terjangkit virus zika. Penderita virus, menurut informasi yang diterima Kemenkes, diprediksi bakal terus meningkat. (rm/mtc)

portal berita medan
informatif & terpercaya