Santunan Laka Lantas di Sumut Capai Rp70 Miliar

Ilustrasi
Ilustrasi.

Santunan Laka Lantas di Sumut Capai Rp70 Miliar

Medan | rakyatmedan.com
Dalam kurun waktu delapan bulan, PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Sumatera Utara (Sumut) menggelontorkan santunan miliaran rupiah kepada ahli waris korban kecelakaan.

“Sampai Agustus 2016, kami telah membayarkan dana santunan kepada korban maupun ahli waris korban kecelakaan sebesar Rp70,174 miliar,” jelas Kepala Cabang Jasa Raharja Sumut Harwan Muldidarmawan, di Kantor Cabang PT Jasa Raharja Sumut, Jalan Gatot Subroto Medan, Senin (5/9).

Rinciannya, santunan korban meninggal Rp37,927 miliar, biaya perawatan Rp30,077 miliar, cacat tetap Rp2,112 miliar, dan biaya penguburan Rp57 juta. Nilai total itu meningkat dibanding Agustus 2015 senilai Rp62,986 miliar.

“Pembayaran santunan dari tahun 2014 ke tahun 2015 juga meningkat, khususnya pembayaran korban luka-luka. Begitu juga dengan pembayaran korban cacat tetap, dari tahun 2015 dan 2016. Peningkatannya cukup signifikan, yakni sebesar 31,69 persen,” katanya.

Saat ini, PT Jasa Raharja Sumut telah bekerja sama dengan 62 rumah sakit umum daerah dan swasta untuk memberikan pelayanan terhadap korban kecelakaan.

“Intinya pelayanan pada korban kecelakaan. Rumah sakit wajib melayani korban kecelakaan, wajib merawat korban kecelakaan. Meskipun di daerah terpencil,” imbuhnya.

Biaya maksimum yang diberikan PT Jasa Raharja untuk biaya perawatan korban kecelakaan yang terjamin mencapai Rp 10 juta. Apabila biaya perobatan lebih dari nominal tersebut maka akan menjadi tanggungan korban, atau BPJS bila korban pengguna BPJS. (rm/mtc)

portal berita medan
informatif & terpercaya