Januari-Agustus 2016, Polda Sumut Pecat 40 Polisi

Ilustrasi
Ilustrasi

Januari-Agustus 2016, Polda Sumut Pecat 40 Polisi

Medan | rakyatmedan.com
Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) melakukan pemecatan tidak dengan hormat terhadap 40 orang anggotanya, terhitung sejak Januari sampai dengan Agustus 2016.

“Ada 264 tunggakan kasus yang dilakukan personel, sebanyak 239 kasus diantaranya merupakan pelanggaran disiplin dan 25 kasus kode etik,” ujar Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Adhi Prawoto, Rabu (7/9).

Dalam membuka rapat kerja teknis (Rakernis) Fungsi Propam dan Sosialisasi Perkap Nomor 2 Tahun 2016, Adhi Prawoto mengatakan, ada 22 kasus narkoba yang menyeret polisi selama 2016 itu.

“Untuk pelanggaran pidana umum di tahun 2015 ada 88 kasus, sedangkan untuk periode Januari – Agustus 2016, ada sebanyak 28 kasus. Rakernis ini penting untuk mengevaluasi kinerja,” katanya.

Menurutnya, perkara yang banyak tertunda itu karena keterbatasan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki sertifikat akreditor. Faktor lainnya, meningkatnya jumlah pengaduan masyarakat.

“Eksistensi Propam sangat penting dalam mengimplementasikan program prioritas promoter Kapolri poin ke 10 yaitu, penguatan pengawasan sekaligus mewujudkan quick wins Polri dan poin ke 6 tentang revolusi mental,” sebutnya. (rm/sp)

portal berita medan
informatif & terpercaya