Warga Meksiko Tolak Pernikahan Sesama Jenis

Ribuan warga berunjuk rasa menentang pernikahan sesama jenis di Guadalajara, Meksiko, 10 September 2016. (Foto: Reuters)
Ribuan warga berunjuk rasa menentang pernikahan sesama jenis di Guadalajara, Meksiko, Sabtu (10/9). (Foto: Reuters)

Warga Meksiko Tolak Pernikahan Sesama Jenis

rakyatmedan.com
Puluhan ribu orang di beberapa kota di Meksiko berunjuk rasa menentang pernikahan sesama jenis. Mereka melawan rencana Presiden Enrique Pena Nieto yang akan melegalkan pernikahan sesama jenis untuk seluruh wilayah Meksiko.

Selama ini, pernikahan sesama jenis di Meksiko hanya dibolehkan di ibukota Mexico City dan beberapa negara bagian seperti Coahuila, Quintana Roo, Jalisco, Nayarit, Chihuahua dan Sonora.

Presiden Pena Nieto berencana mengubah konstitusi dan menjadikan pernikahan sesama jenis legal di seluruh wilayah Meksiko. Namu, ia juga membuka diri dan menyarankan agar masalah pernikahan sesama jenis ini diperdebatkan di kongres.

Sekitar 40 ribu orang berunjuk rasa menentang rencana Presiden Pena Nieto di Queretaro. Ini merupakan jumlah demonstran terbesar dalam isu pernikahan sesama jenis di Meksiko.

“Saya rasa skala demonstrasi sebesar ini belum pernah terjadi sebelumnya, yang merupakan gerakan bersama masyarakat Queretaro,” kata Jose Alcantara, seorang koordinasi demo, Sabtu (10/9).

Ary Campos Martinez, juru bicara Badan Perlindungan Sipil di kota Puebla, mengatakan estimasi awal jumlah pendemo hanya berkisar 5.000 orang. Namun hingga siang hari, jumlahnya mencapai 12 ribu.

Sementara itu di kota Monterrey, pendukung pernikahan sesama jenis berkumpul sambil bernyanyi dan membacakan puisi. “Sikap mereka (penentang) merupakan diskriminasi terhadap sesama jenis,” tutur Jesus Gonzalez, aktivis hak asasi manusia.

Mahkamah Konstitusi Meksiko tahun lalu mengatakan pelarangan terhadap pernikahan sesama jenis tidak sesuai konstitusi negara. Namun, banyak negara bagian yang belum mengubah posisi mereka terhadap pernikahan sesama jenis.

Hingga saat ini, pernikahan sesama jenis masih dilarang di 31 negara bagian Meksiko. (rm/the guardian)

portal berita medan
informatif & terpercaya