Dana Asing Keluar Rp814 Miliar Selama Sepekan

Seorang karyawan mengamati pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melalui gadget di Jakarta. (foto ant: Puspa Perwitasari)
Seorang karyawan mengamati pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melalui gadget di Jakarta. (foto ant: Puspa Perwitasari)

Dana Asing Keluar Rp814 Miliar Selama Sepekan

rakyatmedan.com
Investor asing mencatatkan aksi jual bersih pada sepekan (5-9 September 2016) kemarin. Tercatat, investor asing melakukan aksi jual bersih sebesar Rp814 miliar.

Kepala Komunikasi Perusahaan PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Dwi Shara Soekarno mengatakan, selama sepekan kapitalisasi pasar BEI turun 1,39 persen dari sebelumnya Rp5.763,71 triliun menjadi Rp5.683,44 triliun.

Kemudian, kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) juga mengalami koreksi dalam sepekan.

“Performa IHSG di akhir pekan ini juga mengalami perubahan 1,34 persen ke posisi 5.281,92 dari 5.353,46,” kata dia dalam keterbukaan BEI, Jakarta, Minggu (11/9).

Namun demikian, rata-rata nilai transaksi harian saham di BEI mengalami kenaikan 7,58 persen dari Rp6,5 triliun menjadi Rp7 triliun. Kenaikan ini diikuti oleh kenaikan rata-rata volume transaksi saham sebesar 4,41 persen dari 6,87 miliar saham menjadi 7,18 miliar saham.

Sebagai informasi, untuk mendorong perkembangan pasar modal, BEI melakukan edukasi serta sosialisasi di beberapa daerah. Beberapa kegiatan yang diadakan pada pekan kemarin antara lain sosialisasi pasar modal ke dosen dan karyawan Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Kemudian BEI juga menggelar kegiatan sekolah pasar modal nonreguler level 1 dan 2 di Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Selain itu, BEI telah berpartisipasi dalam Financial Career Expo 2016 yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Dyandra Convention Center Surabaya.

“Kantor Perwakilan BEI Padang bersama dengan PT Mandiri Sekuritas cabang Padang melaksanakan kegiatan sosialisasi pasar modal kepada masyarakat Kota Bukittinggi. Kemudian, BEI Kantor Perwakilan Riau mengadakan kegiatan edukasi publik Yuk Nabung Saham bersama Universitas Muhammadiyah Riau,” tandas dia.

portal berita medan
informatif & terpercaya