Lima Remaja Tewas Saat Cuci Daging Kurban

Tim SAR bersama warga mengevakuasi dua remaja dan mencari tiga orang lainnya yang tenggelam saat mencuci daging kurban di Sungai Pemali, Brebes, Jateng.
Tim SAR bersama warga mengevakuasi dua remaja dan mencari tiga orang lainnya yang tenggelam saat mencuci daging kurban di Sungai Pemali, Brebes, Jateng.

Lima Remaja Tewas Saat Cuci Daging Kurban
rakyatmedan.com
Musibah terjadi saat perayaan Idul Adha 1437 Hijriah di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Lima remaja yang tengah mencuci daging dan jeroan hewan kurban di Sungai Pemali tenggelam Senin (12/9) siang tadi.

Dari lima remaja tenggelam, dua di antaranya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Hingga kini, warga bersama tim SAR dan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyisir sekitar Sungai Pemali untuk mencari tiga korban lainnya yang masih hilang.

Warga setempat bernama Dedi (44) mengatakan, kelima remaja tenggelam sekitar pukul 13.00 WIB siang. Saat itu, ada enam atau tujuh remaja berada di tepi sungai sedang mencuci jeroan dan daging hewan kurban.

“Sebelum kejadian, dua remaja pulang lebih dulu. Tak lama berselang tiba-tiba lima remaja yang masih berada di sungai sudah tidak ada di tepi sungai dan dikabarkan tenggelam,” ucap Dedi di lokasi kejadian, Sungai Pemali, Brebes, Senin (12/9).

Ia mengaku tidak mengetahui secara pasti penyebab tenggelamnya kelima remaja tersebut. Hanya saja, warga menduga mereka tidak dapat berenang saat masuk ke dalam Sungai Pemali.

“Memang di lokasi kejadian itu kedalamannya lumayan, lebih dari satu meterlah. Mungkin mereka enggak bisa berenang hingga akhirnya tenggelam,” kata Dedi.

Dedi menambahkan, lima remaja yang tenggelam merupakan penghuni Panti Asuhan Kauman yang lokasinya tidak jauh dari lokasi kejadian.

“Mereka berlima Panti Asuhan Kauman. Terus terang saya kasihan di saat hari raya Lebaran besar seperti ini mereka malah mendapatkan musibah,” kata dia.

Berdasarkan informasi dilapangan, sebelum musibah terjadi, sejumlah warga yang tinggal tak jauh dari Sungai Pemali juga ‎mencuci daging kurban di sana. Sudah menjadi tradisi, saat Idul Adha aliran Sungai Pemali kerap kali dimanfaatkan untuk mencuci jeroan dan daging hewan kurban.

Selain beraliran deras dan lebar, Sungai Pemali mudah dijangkau warga. Dengan demikian, bisa memudahkan warga memanfaatkan Sungai Pemali untuk keperluan sehari-hari.

Hingga kini tim SAR gabungan masih berupaya mencari dengan menggunakan perahu karet dan regu penyelam untuk mencari keberadaan tiga remaja tenggelam.

Kendati demikian, belum ada tanda-tanda jenazah tiga remaja tenggelam ditemukan. Diduga, jasad mereka sudah terbawa hanyut atau terselip di bebatuan yang ada di sekitar aliran Sungai Pemali, Brebes.

portal berita medan
informatif & terpercaya