Walikota Ajak Warga Terus Tingkatkan Semangat Berbagi

Walikota Medan, Dzulmi Eldin menyaksikan hewan kurbannya disembelih.
Walikota Medan, Dzulmi Eldin menyaksikan hewan kurbannya disembelih.

Walikota Ajak Warga Terus Tingkatkan Semangat Berbagi

Medan | rakyatmedan.com
Walikota Medan Dzulmi Eldin memaknai perayaan Idul Adha atau Idul Kurban sebagai momentum untuk meningkatkan rasa sosial dan berbagi kepada sesama manusia. Karena, masih banyak masyarakat yang masih membutuhkan uluran tangan.

“Semoga kurban yang kita laksanakan ini diterima Allah SWT. Mari terus kita tingkatkan lagi semangat berbagi ini, sehingga apa yang kita lakukan ini mendapatkan hidayah dan taufik dari Allah SWT,” kata Eldin usai menyaksikan penyembelihan hewan kurban di halaman Masjid Al Iman, Senin (12/9).

Apalagi, bilang Eldin, berkurban selain menunjukan rasa keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, tentunya secara sosial ibadah kurban ini juga menunjukkan semakin baiknya tingkat pendapatan maupun derajat kesejahteraan masyarakat, sehingga masyarakat memiliki kemampuan untuk menyediakan hewan kurban.

Diharapkan ke depan, jumlah umat muslim Kota Medan yang berkurban lebih banyak lagi, sehingga semakin bertambah lagi warga kurang mampu yang dapat menikmati daging kurban bersama anggota keluarganya masing-masing.

Seperti diketahui, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban untuk merayakan Hari Raya Idul Adha 1437 H di Kota Medan berjalan lancar, Senin (12/9).

Untuk tahun ini, total hewan kurban yang disembelih di ibukota Provinsi Sumatera Utara sebanyak 9.665 ekor dengan perincian 7.790 ekor sapi dan 1.875 ekor kambing.

Pemko Medan sendiri menyembelih 75 ekor sapi, lima ekor di antaranya merupakan kurban Walikota Medan, Dzulmi Eldin beserta keluarga, sedangkan 70 ekor lagi merupakan kurban seluruh pejabat di lingkungan Pemko Medan.

Untuk penyembelihan hewan kurban Pemko Medan dilakukan di sejumlah lokasi, di antaranya halaman Masjid  Al Iman, Jalan Marelan Raya, Pasar 2, Lingkungan 17, kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Kantor Walikota Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis, halaman Masjid Al Ikhlas, Jalan Alumunium 3, Kelurahan Tanjung Mulia, Kecamatan Medan Deli serta Komplek Citra Wisata, Jalan Karya Wisata, Medan.

Penyembelihan hewan kurban di halaman Masjid Al Iman, Jalan Marelan Raya, Pasar 2, disaksikan langsung walikota bersama sejumlah pimpinan SKPD.

Di tempat itu sapi kurban milik Pemko Medan yang disembelih sebanyak dua ekor, satu ekor kurban walikota beserta keluarga dan satu ekor lagi kurban asisten dan staf ahli. Kemudian ditambah tujuh ekor sapi dan enam ekor kambing yang merupakan kurban masyarakat sekitar.

Sedangkan di Kantor Walikota, sapi kurban Pemko Medan yang sembelih sebanyak 12 ekor ditambah satu ekor sapi kurban dari Podomoro. Daging hasil penyembelihan yang berasal dari hewan kurban walikota dan pejabat di lingkungan Pemko Medan itu selanjutnya akan dibagi-bagikan kepada warga, terutama yang kurang kurang mampu.

Sebelum dilakukan penyembelihan, Eldin mengecek lebih dahulu hewan kurban yang disembelih untuk memastikan benar-benar sehat dan telah memenuhi syarat sesuai dengan syariat Islam. Setelah dipastikan memenuhi persyaratan, barulah penyembelihan hewan kurban dilakukan diiring dengan kumandang suara takbir.

Usai menyaksikan penyembelihan hewan kurban di halaman Masjid Al Iman, walikota selanjutnya melihat penyembelihan hewan kurban di Komplek Citra Wisata. Di tempat itu Eldin beserta keluarga berkurban satu ekor sapi.

Selain Eldin, Dirut RSUD dr Pirngadi, Edwin Effendi beserta keluarga juga menyembelih satu ekor sapi. Di tempat itu jumlah total hewan kurban yang disebelih sebanyak 23 ekor sapi dan tujuh ekor kambing.

Sementara itu di tempat terpisah, Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution menyaksikan penyembelihan hewan kurban di Masjid Al Ikhlas, Jalan Alumunium 3.

Di tempat itu hewan kurban pejabat Pemko Medan yang disembelih sebanyak dua ekor ditambah delapan ekor sapi serta satu ekor kambing yang merupakan hewan kurban masyarakat sekitar. (rm-02)

portal berita medan
informatif & terpercaya