KINO Tetap Pasarkan Produk Cap Kaki Tiga

PT Kino Indonesia Tbk (KINO)
PT Kino Indonesia Tbk (KINO)

KINO Tetap Pasarkan Produk Cap Kaki Tiga
rakyatmedan.com
PT Kino Indonesia Tbk selaku pemegang lisensi minuman Cap Kaki Tiga menyatakan bakal tetap memproduksi, mendisribusikan, dan menjual produk tersebut kendati terjerat masalah gugatan merek karena dinilai meniru lambang negara Isle of Man.

Sebelumnya, Mahkamah Agung telah memerintahkan Dirjen Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) untuk mencoret pendaftaran merek Cap Kaki Tiga milik Wen Ken Drug melalui putusan No : 85 PK/Pdt.Sus-HKI/2015 tanggal 23 September 2015 jo Putusan MA No.582 K/Pdt.Sus-HakI/2013 tanggal 9 Januari 2014 jo Putusan Pengadilan Niaga No. 66/Merek/2012/PN. Niaga.Jkt.Pst tanggal 5 Juni 2013.

Presiden Direktur Kino Indonesia Harry Sanusi mengatakan, menyikapi beberapa pemberitaan, terkait tentang produk Cap Kaki Tiga, yang sudah diputuskan MA dalam perkara, ada beberapa hal yang perlu dilakukan klarifikasi.

“Putusan tersebut diatas tidak melarang produksi, distribusi dan penjualan produk Cap Kaki Tiga di Indonesia,” ujarnya, Kamis (15/9).

Ia menjelaskan, produk Cap Kaki Tiga sejak tahun 1937 sudah di produksi, didistribusikan dan dijual di Malaysia dan Singapura, dan sejak tahun 1980 di Indonesia. Saat ini juga telah dijual di Thailand, Brunei, Srilanka, India, dan Negara-negara lain.

“Sehingga pernyataan produk Cap Kaki Tiga hanya dijual di Indonesia adalah tidak benar,” katanya.

Lebih lanjut, Wen Ken, sebagai pemilik merek Kaki Tiga, berterima kasih kepada semua pihak atas perhatiannya dan akan memastikan produk Cap Kaki Tiga akan tetap diproduksi, didistribusikan dan dijual di Indonesia.

“Kino akan tetap menjadi licensee Wen Ken Drug dan Kino tetap akan melakukan produksi, distribusi dan penjualan produk Cap Kaki Tiga di Indonesia,” ujar Harry.

Menilik ke belakang, gugatan terhadap merek Cap Kaki Tiga tersebut dilkukan oleh seorang Warga Negara Inggris bernama Russel Vince atas seluruh sertifikat merek terebut milik Wen Ken Drug.

Russell Vince memperkarakan Wen Ken Drug terkait penggunaan merek dagang Cap Kaki Tiga, yang menyerupai lambang negara Isle of Man di Indonesia. Argumentasi Russel tersebut, diperkuat Pasal 3 ayat (1) dan 4 dalam Trade-Related Aspects of Intellectual Property Rights (TRIPS).

portal berita medan
informatif & terpercaya