Jauh dari Target, Uang Tebusan Tax Amnesty Rp16,5 Triliun

Ilustrasi
Ilustrasi

Jauh dari Target, Uang Tebusan Tax Amnesty Rp16,5 Triliun

rakyatmedan.com
Mendekati akhir periode tebusan pertama sebesar dua persen, raihan dana tax amnesty masih belum berada pada ekspektasi sejumlah pengamat untuk mendekati level Rp165 triliun.

Dikutip dari laman Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Minggu (18/9), jumlah tebusan yang didapatkan dari program tax amnesty mencapai Rp16,5 triliun atau mencapai 10 persen dari target dalam program ini. Kontribusi Wajib Pajak Orang Pribadi (OP) non UMKM mencapai 85 persen dan diikuti dengan Wajib Pajak Badan non UMKM sebesar 10 persen.

Dana tebusan didapatkan dari dana repratriasi dan deklarasi yang mencapai Rp704 triliun. Angka ini juga masih jauh dari target pemerintah yang mencapai Rp4.000 triliun. Porsi dana repratriasi dan deklarasi berasal dari dalam negeri, luar negeri dan melalui repratriasi yang masuk melalui berbagai instrumen investasi.

Porsi dana deklarasi dari dalam negeri mencapai 69 persen, sedangkan dana luar negeri mencapai 26 persen serta dana repratriasi mencapai lima persen.

Program dana tax amnesty akan berlangsung dari Juli 2016 hingga akhir Maret 2017. Program ini terjadi dalam tiga periode. Periode pertama dari Juli-September 2016 merupakan periode dengan tarif terbusan terendah dengan dua persen untuk deklarasi dalam negeri dan empat persen untuk luar negeri.

Periode kedua yakni 1 Oktober sampai dengan akhir Desember 2016 merupakan periode dengan tebusan 3 persen untuk deklarasi dalam negeri dan enam persen untuk luar negeri. Periode terakhir dari 1 Januari 2017 hingga 31 Maret 2017 dengan tarif tebusan 5 persen untuk deklarasi dalam negeri dan 10 persen untuk luar negeri.

portal berita medan
informatif & terpercaya