Rosberg Menangi F-1 GP Singapura

Nico Rosberg
Nico Rosberg.

Rosberg Menangi F-1 GP Singapura
rakyatmedan.com
Pebalap Mercedes, Nico Rosberg, mampu mementahkan tantangan dari Daniel Ricciardo dan menjadi juara GP Singapura untuk kali pertama dalam kariernya, Minggu (18/9). Ricciardo finis kedua dengan hanya berselisih 0,4 detik dari Rosberg, sementara Lewis Hamilton di posisi tiga.

Hasil ini membuat Rosberg kembali mengambil alih posisi puncak klasemen. Ia kini unggul delapan poin dari Hamilton dan mengantongi 273 poin. Kemenangan ini adalah yang ketujuh untuk Rosberg di musim ini, dan ketiga secara beruntun di tiga balapan terakhir.

Kemenangan Rosberg sendiri nyaris digagalkan strategi timnya sendiri. Di putaran ke-46, Mercedes lebih memilih untuk memanggil Hamilton (p4) ke pit agar ia bisa mendapatkan keunggulan dari Kimi Raikkonen (p3). Strategi ini berhasil karena Hamilton memang mendapatkan podium ketiga.

Ricciardo yang berada di tempat kedua kemudian memanfaatkan hal itu untuk masuk pit dengan nyaman, karena tak mendapatkan tekanan dari Hamilton. Ricciardo dengan ban yang lebih segar kemudian bisa memangkas waktu dari Rosberg yang sempat memimpin balapan hingga keunggulan 24 detik.

Hal ini membuat Rosberg tak punya kesempatan untuk masuk pit untuk mengganti ban. Ricciardo pun bisa memangkas hingga tiga detik tiap putaran dengan ban yang lebih baru. Tapi pada akhirnya Ricciardo tak mampu mengejar dan keduanya hanya berselisih satu detik di awal balapan.

Sebastian Vettel (Ferrari) yang memulai balapan dari grid paling belakang karena mengalami kerusakan mobil saat kualifikasi, mendapatkan strategi yang bagus untuk finis di tempat kelima.

Di awal balapan, Nico Hulkenberg dari Force India mengalami kecelakaan parah karena berbenturan dengan Carlos Sainz (Toro Rosso) dan kemudian menabrak pagar pembatas. Safety car pun sempat keluar.

Sementara itu, pebalap Manor Racing yang menggantikan Rio Haryanto, Esteban Ocon, mendapatkan penalti lima detik karena menyalip lawan ketika Safety Car masih berada di lintasan.

portal berita medan
informatif & terpercaya