Sumut Miliki Potensi Besar Sektor Pariwisata

Pegawai Jetstar melayani pengunjung saat peresmian kantor penjualan Jetstar di Jalan Brigjend Katamso Medan, Senin (19/9).
Pegawai Jetstar melayani pengunjung saat peresmian kantor penjualan Jetstar di Jalan Brigjend Katamso Medan, Senin (19/9).

Sumut Miliki Potensi Besar Sektor Pariwisata
Medan | rakyatmedan.com
Sumatera Utara memiliki potensi besar dalam pengembangan pariwisata. Tidak sedikit destinasi wisata di Sumatera Utara memiliki kelas internasional dan banyak dikunjungi turis asing.

Dengan dukungan airport yang semakin maju, sektor pariwisata di Sumatera Utara akan terus berkembang. Danau Toba, misalnya. Sejak dulu menjadi destinasi wisata primadona turis-turis yang datang ke Sumatera Utara.

Kepada wartawan, CEO Jetstar Asia, Barathan Pasupathi, Senin (19/9) mengatakan, selama sepuluh tahun terakhir, terjadi perkembangan airport. Dulu, yang menjadi kendala adalah padatnya airport sehingga sulit mendapatkan slot untuk mendarat.

“Saat ini Indonesia pada umumnya dan Sumatera Utara khusnya, berubah banyak menjadi negara terbuka dibandingkan negara lain. Pertama, airport berkembang. Regulasi dipermudah dan perusahaan pendukung di airport juga semakin baik,” katanya.

Hal tersebut menunjukkan bahwa kini Indonesia sudah mendorong sektor pariwisatanya lebih baik dari sebelumnya. Dia mencontohkan pariwisata Danau Toba. Pihaknya akan mempelajari perkembangan airport terkait misalnya runway yang cukup untuk pesawat Jetstar. Selain itu juga akan melihat dukungan sektor lain seperti perhotelan.

Begitu halnya dukungan pembangunan jalan tol akan menguatkan sektor pariwisata di Sumatera Utara. Menurutnya, di tahun 1990-an, banyak turis dari Singapura datang ke Medan untuk selanjutnya menuju Danau Toba.

Dalam acara peresmian kantor penjualan Jetstar di Jalan Brigjend Katamso, Medan tersebut dia juga menjelaskan, Jetstar sudah sembilan tahun di Indonesia. Medan merupakan pasar awal yang menjadi rute penerbangannya. Dari sebelumnya sekali seminggu, kini menjadi dua kali seminggu. Bahkan untuk Jakarta, sembilan kali dalam seminggu.

“Kita sekarang punya 120 pesawat. Kebanyakan Airbus 320. Dan kita juga baru merayakan 100 juta penumpang. Indonesia adalah pasar penting Jetstar. Kita di sini juga memprioritaskan pelayanan kepada pelanggan, keamanan adalah hal yang utama,” katanya.

Harga Promo
Dalam peresmian kantor Jetstar Travel Shop ke delapan tersebut, pihaknya juga memberikan harga promo dari 19 – 21 September mulai dari Rp338.000 dari Medan ke Singapura dan seterusnya ke tujuan populer di Asia Tenggara.

Menurutnya, Jetstar Group saat ini mengoperasikan 116 layanan penerbangan mingguan dengan rute ke Jakarta, Denpasar, Medan, Surabaya dan Pekanbaru.

Dalam kesempatan tersebut, mantan Walikota Medan, Abdillah mengaku optimis dengan adanya Jetstar dan mengatakan bahwa Jetstar akan berjaya di Medan yang mana pemerintah sedang menggalakkan sektor pariwisata seperti Danau Toba dengan dukungan jalan tol Tebing – Siantar dan akan memotong durasi perjalanan darat dari 4 – 5 jam menjadi 2 jam.

“Tak cuma Danau Toba, tapi juga Brastagi, apalagi Nias. Ke depan, Nias akan jauh lebih baik dari Bali. Punya potensi besar untuk surfing,” katanya. (rm-06)

portal berita medan
informatif & terpercaya