2017, Stasiun Luar Angkasa Tiongkok Jatuh ke Bumi

Tiangong-1 tidak dapat dikendalikan dan akan jatuh ke Bumi tahun depan
Tiangong-1 tidak dapat dikendalikan dan akan jatuh ke Bumi tahun depan

2017, Stasiun Luar Angkasa Tiongkok Jatuh ke Bumi

rakyatmedan.com
Setelah berbulan-bulan melakukan analisis, Tiongkok akhirnya mengonfirmasi stasiun luar angkasanya sedang di luar kendali dan akan jatuh ke Bumi.

Menurut IFL Science, dalam konferensi pers pemerintah Tiongkok mengatakan stasiun luar angkasa Tiangong-1 diperkirakan akan jatuh ke Bumi pada tahun 2017 mendatang. Saat ini, stasiun luar angkasa tersebut sedang mengorbit dengan ketinggian 370 kilometer di atas permukaan Bumi.

“Berdasarkan analisa kami, sebagian besar stasiun luar angkasa Tiangong-1 akan terbakar ketika memasuki atmosfer Bumi,” ujar Deputy Director untuk program luar angkasa Tiongkok, Wu Ping.

Badan luar angkasa Tiongkok juga mengatakan pihaknya akan terus memberikan update informasi mengenai status serta perkiraan jatuhnya stasiun luar angkasa Tiongkok tersebut.

Tiangong-1 merupakan stasiun luar angkasa dengan panjang 10,3 meter. Stasiun pertama Tiongkok tersebut diresmikan di tahun 2011. Stasiun luar angkasa itu telah beberapa kali dilaporkan semakin mendekati Bumi. Namun, pihak pemerintah Tiongkok tidak mengeluarkan komentar apapun.

Untuk mengganti stasiun luar angkasa tersebut, Tiongkok telah meluncurkan Tiangong-2 yang masih merupakan stasiun luar angkasa eksperimental. (rm/IFL Science)

portal berita medan
informatif & terpercaya