AS-Tiongkok Sepakat Sikapi Ancaman Nuklir Korut

Presiden AS, Barack Obama dan PM TIongkok, LI Keqiang (Foto: AFP)
Presiden AS, Barack Obama dan PM TIongkok, LI Keqiang (Foto: AFP)

AS-Tiongkok Sepakat Sikapi Ancaman Nuklir Korut

New York | rakyatmedan.com
Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok sepakat menyikapi ancaman nuklir dari Korea Utara (Korut). Kesepakatan terjalin antara Presiden AS Barack Obama dengan Perdana Menteri Tiongkok, Li Keqiang di sela-sela Sidang Majelis Umum (UNGA) ke-71 PBB.

“Kedua pemimpin mengutuk uji coba nuklir Korut pada 9 September dan juga ujicoba mesin nuklir Korut pada 21 September lalu dan memutuskan memperkuat koordinasi dalam mencapai denuklirisasi Semenanjung Korea,” sebut pernyataan dari Gedung Putih, Rabu (21/9).

Kesepakatan tersebut juga meliputi ‘penyegaran’ kerja sama di Dewan Keamanan PBB dan di penegakan hukum terhadap Korut atas program nuklirnya.

Selain itu, kedua belah pihak juga membahas hubungan ekonomi antara AS dan Tiongkok juga perubahan iklim, perdagangan dan isu-isu penting lainnya.

Dua negara dengan ekonomi terbesar di dunia ini juga sedang mengincar industri milik Liaoning Hongxiang, konglomerat Tiongkok yang dicurigai berperan dalam program nuklir Korut.

Departemen Kehakiman AS dikabarkan sedang mempersiapkan untuk tindakan hukum pada pekan ini untuk perusahaan-perusahaan Tiongkok yang mendukung keuangan Korut dalam program nuklir.

AS juga telah secara aktif mendorong Tiongkok untuk mengendalikan Korut. Menteri Pertahanan AS, Ash Carter juga mengatakan bahwa Tiongkok memiliki tanggung jawab yang penting di Pyongyang.

Pada 20 September kemarin, Korut dikabarkan berhasil melalui uji darat, dari mesin roket baru. Korut menyebutkan roket itu akan digunakan untuk meluncurkan satelit.

Menurut kantor berita Korut, KCNA, Kim Jong-Un meminta para ilmuwan untuk melakukan mempersiapkan peluncuran satelit secepat mungkin. Uji ini merupakan yang terbaru dilakukan terkait rudal tahun ini. (rm/Asian Correspondent)

portal berita medan
informatif & terpercaya