Bursa Ajak Delapan Emiten Relisting

Suasana Indonesia Stock Exchange (IDX), Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta.
Suasana Indonesia Stock Exchange (IDX), Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta.

Bursa Ajak Delapan Emiten Relisting
Jakarta | rakyatmedan.com
PT Bursa Efek Indonesia (BEI) terus menggenjot kinerja pasar modal agar tingkat kapitalisasi pasar (market cap) terkerek lebih tinggi dari posisi saat ini. Salah satu rencana yang akan dilakukan adalah mendorong emiten yang sudah delisting untuk kembali mencatatkan saham (relisting) di bursa.

Berdasarkan catatan BEI, sudah ada delapan emiten yang sudah delisting dari bursa. Namun, delapan perusahaan tersebut masih mempunyai izin menjadi perusahaan terbuka (emiten).

Direktur Utama BEI Tito Sulistio pun berharap seluruh perseroan tersebut kembali melakukan relisting agar kinerja pasar modal Indonesia bisa lebih besar.

“Delapan (emiten) sudah saya panggil,” ujar Tito, ditemui di Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta, Rabu (21/9).

Walaupun pihak bursa menginginkan emiten tersebut melakukan relisting, namun semua itu tergantung dari niat masing-masing emiten. Pasalnya, proses relisting hampir sama dengan perjalanan penawaran umum perdana saham (IPO) di bursa.

“Syaratnya tidak gampang, mereka lagi usaha sendiri-sendiri. Mereka masuk dengan bisnis baru, misalnya palm oil, mereka cari partner,” ungkap Tito.

Sebagai contoh, tambah dia, sudah ada satu emiten yang melakukan relisting yaitu PT Indo Komoditi Korpora Tbk (INCF). Perjalanan relisting INCF telah disetujui oleh manajemen bursa dengan menyetujui pencatatan kembali sebanyak 1,438 miliar saham.

Realisasi relisting saham INC‎F pada 6 September 2016. Harga saham pada saat realisting sebesar Rp123 per saham. Total saham sebanyak 1,483 miliar saham, terdiri dari saham Seri A sebanyak 61,32 juta saham, sedangkan saham Seri B sebanyak 1,37 miliar saham. (rm/mtc)

portal berita medan
informatif & terpercaya