Eldin Minta Pramuka Terus Berkarya

Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengajak seluruh jajaran pramuka untuk terus berkarya dan selalu mendarmabaktikan dirinya tanpa pernah memandang suku, agama maupun ras.
Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengajak seluruh jajaran pramuka untuk terus berkarya dan selalu mendarmabaktikan dirinya tanpa pernah memandang suku, agama maupun ras.

Eldin Minta Pramuka Terus Berkarya
Medan | rakyatmedan.com
Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengajak seluruh jajaran pramuka untuk terus berkarya dan selalu mendarmabaktikan dirinya tanpa pernah memandang suku, agama maupun ras.

Selain itu melalui gerakan pramuka, juga diharapkan untuk terus meningkatkan rasa kecintaan kepada bangsa, semangat nasionalisme, kemandirian kreatifitas, kejujuran, komitmen serta semangat bekerja keras.

Ajakan ini disampaikan Eldin ketika menghadiri peringatan Hari Pramuka ke-55 tahun 2016 di Lapangan Merdeka Medan, Minggu petang (25/9). Sebab, menjadi pramuka identik menjadi pemuda Indonesia yang mencintai tanah airnya yang diwujudkan melalui karya dan pengabdian. Itu sebabnya pramuka dapat dijadikan salah satu wadah bagi pembentukan jiwa nasionalisme dan kebangsaan, terutama generasi muda.

Di samping itu, jelas Eldin, gerakan pramuka juga menanamkan jiwa dan semangat gotong royong serta penghargaan kepada kebhinekaan yang ada di Indoenesia. Oleh karenanya melalui gerakan pramuka ini, dapat mengembangkan sikap saling menghargai. Di dalamnya tidak ada sekat agama, suku bangsa, budaya maupun yang lainnya.

“Semua menyatu di dalam darma kepada nusa dan bangsa. Semangat pramuka cenderung menepiskan sifat-sifat individu, sebab semuanya dilakukan secara kolektif dalam kebersamaan. Jadi pramuka merupakan media yang sangat cocok bagi pemuda Indonesia untuk mempraktekkan jiwa dan semangat kebersamaan yang sesungguhnya sudah menjadi modal dasar bagi kita semua,” kata Eldin.

Selanjutnya Eldin yang merupakan Ketua Majelis Pembina Cabang Gerakan Pramuka Kota Medan mengingatkan, saat ini tengah menapaki transpormasi menuju era meodernitas yang semakin berkembang dengan segala implikasinya. Salah satu yang paling menonjol adalah sikap individu semakin mengembang. Untuk itu salah satu tugas pramuka bagaimana kembali mengedepankan sikap kerjasama dalam kebersamaan.

“Nilai dasar gotong royong atau kebersamaan itulah yang sebenarnya selalu diemban oleh gerakan pramuka di dalam berbagai programnya,” jelas Eldin.

Tidak itu saja bilang Eldin, melalui gerakan pramuka merupakan proses pembelajaran yang sangat mendasar tentang tumbuhkembangnya semangat nasionalisme dan kebangsaan yang bertali-temali dengan pengembangan sikap kebersamaan, dedikasi tinggi, loyalitas dan kreatifitas yang kelak akan berguna bagi kehidupan nyata di masyarakat.

“Jadi gerakan pramuka sesungguhnya bisa menajdi medium untuk pendidikan karakter yang sangat diperlukan di era perubahan sosial yang berhimpitan dengan transformasi modernisasi tak dapat ditolak. Justru di tengah perubahan demi perubahan sosial ini, gerakan pramuka menawarkan solusi pendidikan jati diri bangsa yang sangat kita butuhkan pungkasnya.

Sementara itu, Kadispenda kota Medan selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Medan, H Muhammad Husni SE MSi mengatakan, ada empat pilar dalam membangun gerakan pramuka. Pertama membangun branded pramuka melalui aksi-aksi yang baik dan bermatabat. Kedua, membangun jaringan kerjasama pramuka. Lalu, pramuka harus menjadi agen pembangunan dan perubahan di tengah masyarakat.

“Sedangkan yang terakhir adalah membangun kemitraan. Salah satu bentuk kemitraan yang kita bangun dengan menggandeng Bank Sumut dengan melaunching Tabunganku. Melalui tabunganku ini kita ajak adik-adik pramuka untuk gemar menabung yang berbasis ATM,” papar Husni seraya berharap melalui pemabngunan empat pilar ini gerakan pramuka di Kota Medan semakin maju dan berkembang.

Peringatan Hari Pramuka ditandai dengan serangkaian kegiatan, diantaranya dengan atraksi pembuatan jembatan, meja makan bentuk kerucut, bela diri serta sejumlah budi daya tanaman. Kemudian memberikan piagam penghargaan serta penandatanganan MoU dengan Bank Sumut disaksikan Wali Kota Medan.

Peringatan hari Pramuka ini turut dihadiri Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution, Mr Sesha selaku perwakilan Wal Disnety Southeast Asia, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Medan, pimpinan SKPD, camat serta seluruh keluarga besar Gerakan Pramuka Kota Medan. (rm-06)

portal berita medan
informatif & terpercaya