Gubsu Harapkan Rumah Pintar Pemilu Sedot Pemilih Pemula

Ketua KPU RI Juri Ardiantoro (kiri) bersama Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi (tengah) mengamati miniatur proses pemilu saat meresmikan Rumah Pintar Pemilu KPU Sumut di Medan, Selasa (27/9). (foto ant: Septianda Perdana)
Ketua KPU RI Juri Ardiantoro (kiri) bersama Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi (tengah) mengamati miniatur proses pemilu saat meresmikan Rumah Pintar Pemilu KPU Sumut di Medan, Selasa (27/9). (foto ant: Septianda Perdana)

Gubsu Harapkan Rumah Pintar Pemilu Sedot Pemilih Pemula

Medan | rakyatmedan.com
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Ir HT Erry Nuradi, MSi mengharapkan kehadiran Rumah Pintar Pemilu yang digagas Komisi Pemilihan Umum (KPU) dapat menyedot partisipasi pemilih yang tinggi, terutama bagi pemilih pemula.

‘’Saya mengapresiasi KPU yang tidak bosan-bosannya melakukan terobosan dan mensosialisasikan kepada masyarakat agar dapat menggunakan hak suaranya pada setiap even pemilu,’’ cetus Erry saat peresmian Rumah Pintar Pemilu di kantor KPU Daerah Sumut di Jalan Perintis Kemerdekaan yang dihadiri Ketua KPU RI Juri Ardiantoro, Selasa (27/9).

Erry juga mengatakan, Rumah Pintar Pemilu merupakan bukti nyata kepedulian Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia dalam memberikan pemahaman dan pendidikan politik serta nilai-nilai tentang Pemilihan Umum (Pemilu) yang nantinya bermanfaat bagi masyarakat dengan tujuan untuk kesejahteraan masyarakat.

Menurut Erry, Rumah Pintar Pemilu juga merupakan sarana demokrasi dalam meningkatkan partisipasi pemilih, oleh karena itu kehadiran Rumah Pintar Pemilu akan memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan pengetahuan masyarakat tentang proses kepemiluan, karena di Rumah Pintar Pemilu masyarakat dapat belajar kepemilihan dan demokrasi sehingga dapat memberikan pembelajaran dalam membangun demokrasi di Republik Indonesia umumnya dan Provinsi Sumatera Utara khususnya sesuai dengan tujuan bernegara yang tercantum pada Pembukaan UUD 1945 yaitu Untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa.

Erry menambahkan, kecerdasan berbangsa merupakan modal utama untuk mengatasi persoalan yang dihadapi serta mengolah kekayaan yang dimiliki untuk mensejehterakan rakyat. Rakyat perlu dibuat cerdas dan melek politik agar tidak mudah dimanfaatkan sebagai pemilih dan menyadari bahwa segala kebijakan yang dibuat pemerintah merupakan efek dari kegiatan politik.

Erry juga berharap melalui Rumah Pintar Pemilu masyarakat dapat berpartisipasi lebih luas dalam pemilu mendatang baik dari segi angka maupun kualitas pemilih dalam Pemilu sehingga akan terwujud konsep pemilih yang berkelanjutan.

Peresmian Rumah Pintar Pemilu di KPU Sumut ini dilakukan Ketua KPU RI, Juri Ardiantoro, bersama Gubernur Sumatera Utara, HT Erry Nuradi, dengan didampingi Ketua KPU Sumut, Mulia Banurea, dan anggota KPU Sumut, Benget Silitonga, Yulhasni, Evi Novida Ginting dan Nazir Salim Manik.

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU RI Juri Ardiantoro menyebutkan Rumah Pintar Pemilu merupakan program nasional yang digagas KPU untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi seluruh masyarakat tentang kepemiluan pada daerah masing-masing.

‘’Rumah Pintar Pemilu ini digagas untuk mengisi “kekosongan” aktivitas di KPU akibat jeda waktu proses tahapan pemilu. Dengan demikian, jeda waktu tersebut dapat diisi dengan berbagai kegiatan yang bersifat edukatif. Ini akan dapat menambah kepercayaan masyarakat pentingnya pemilu,’’ sebutnya. (rm-05)

portal berita medan
informatif & terpercaya