ESDM: Oktober Harga BBM Tetap

Sejumlah pengendara sedang mengisi BBM di SPBU.

ESDM: Oktober Harga BBM Tetap
Jakarta | rakyatmedan.com
‎Pemerintah memutuskan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar subsidi tetap. Harga eceran kedua jenis BBM tersebut tidak mengalami perubahan hingga akhir 2016 nanti.

Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Teguh Pamudji mengatakan, evaluasi harga dilakukan pemerintah setiap tiga bulan sekali.

“Mulai 1 Oktober tidak ada perubahan harga BBM. Ini berlaku hingga tiga bulan ke depan,” kata Teguh di Jakarta, Jumat (30/9).

Teguh mengakui hasil evaluasi harga minyak mentah selama kurun waktu Juli hingga 25 September kemarin mengalami fluktuasi. Hasil evaluasi menyatakan harga eceran premium bisa turun Rp300 per liter dan solar subsidi naik Rp500 per liter. Namun pemerintah memilih untuk tidak merubah harga eceran premium dan solar subsidi.

“Penjelasan resminya akan disampaikan dalam press release,” ujarnya.

Penyesuaian harga BBM sebelumnya dilakukan pada April 2016 kemarin. Harga premium ditetapkan sebesar Rp6.450 per liter atau turun Rp500 per liter dari sebelumnya sebesar Rp6.950 per liter.

Kemudian harga solar subsidi ditetapkan sebesar Rp5.150 per liter atau turun Rp500 per liter yang sebelumnya sebesar Rp5.650 per liter. Sedangkan untuk harga minyak tanah tidak mengalami perubahan alias tetap Rp2.500 per liter.

Apabila merujuk pada evaluasi per tiga bulan, seharusnya pada Juli kemarin ada penyesuaian harga BBM. Namun pemerintah memilih tidak melakukan revisi harga jual BBM. Hal ini dengan mempertimbangkan situasi yang dihadapi masyarakat. Pasalnya Juni-Juli kemarin merupakan masa libur sekolah dan Hari Raya Idul Fitri. (rm/bs)

portal berita medan
informatif & terpercaya