Man City Telan Kekalahan Pertama

Para pemain Tottenham Hotspur merayakan gol bunuh diri Aleksandar Kolarov (Foto AFP: Ian Kington)
Para pemain Tottenham Hotspur merayakan gol bunuh diri Aleksandar Kolarov (Foto AFP: Ian Kington)

Man City Telan Kekalahan Pertama
London | rakyatmedan.com
Manchester City harus menelan kekalahan kala bertandang ke markas Tottenham Hotspur pada pekan ketujuh Liga Primer Inggris 2016-2017, Minggu (2/10). Saat itu, The Citizens takluk dengan skor 0-2.

Bagi City, ini merupakan kekalahan perdana mereka di Liga Inggris. Sebelumnya, mereka berhasil meraih enam kemenangan beruntun.

City memang tampak kesulitan saat menghadapi permainan Tottenham yang tampil agresif pada laga tersebut. Tercatat, Tercatat, Spurs mampu menciptakan tujuh tembakan mengarah ke gawang dari 13 peluang. Sementara itu, City melepaskan enam tembakan mengarah ke gawang dari 12 peluang.

Agresivitas Hotspur mampu membuahkan keunggulan cepat. Tepatnya pada menit kesembilan, mereka sukses mencetak gol yang tercipta berkat kesalahan Aleksandar Kolarov yang gagal mengantisipasi umpan Danny Rose.

City mencoba untuk meningkatkan serangan. Alhasil, mereka berhasil menciptakan sejumlah peluang emas lewat Sergio Aguero. Akan tetapi, upayanya tak mampu membuahkan gol.

Alih-alih bakal menyamakan kedudukan, City justru kembali dibobol Spurs setelah Bamidele Alli sukses mencetak gol pada menit ke-37. Mendapat umpan dari Heung Min Son, Alli sukses melepaskan tembakan yang tak bisa dibendung Claudio Bravo.

City berupaya untuk memperkecil ketinggalan mereka. Tetapi, ketatnya pertahanan Spurs membuat mereka kesulitan mencetak gol sehingga skor 2-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Situasi pertandingan tidak berubah ketika memasuki babak kedua. Tottenham tetap tampil agresif dan mampu memberikan ancaman di awal babak kedua lewat Victor Wanyama pada menit ke-48.

Tak mau kalah, City pun juga memberikan tekanan dua menit berselang lewat Sergio Aguero. Akan tetapi, tembakannya masih bisa diamankan oleh kiper Tottenham, Hugo Lloris.

City nyaris kebobolan lagi pada menit ke-65 andai tendangan Erik Lamela lewat titik penalti tak ditepis Claudio Bravo. Hukuman penalti didapat City setelah salah satu pemain mereka, Fernandinho melakukan pelanggaran terhadap Alli di dalam kotak penalti.

Pelatih City Josep Guardiola tampaknya tidak puas melihat performa anak-anak asuhnya, terutama di lini serang. Ia pun akhirnya menarik Jesus Navas dan memasukkan Kelechi Iheanacho untuk menambah daya gedor tim.

Pergantian pemain tersebut cukup memberikan efek. City tampil lebih agresif dan berhasil memberikan banyak ancaman ke gawang Tottenham lewat Iheanacho dan Augero.

Akan tetapi, sejumlah upaya-upaya mereka tak mampu membuahkan gol untuk City. Begitu pun yang dilakukan Tottenham. Mereka juga tak mampu menambah gol. Hingga laga usai, skor 2-0 untuk keunggulan Tottenham bertahan.

Dengan kemenangan ini, Tottenham berhasil mengukuhkan diri di posisi kedua klasemen dengan mengoleksi 17 poin sekaligus memangkas jarak mereka dengan pimpinan klasemen, City. Kini, kedua tim hanya berselisih satu poin. (rm/mtc)

portal berita medan
informatif & terpercaya