Komitmen Bersih Praktik Korupsi, Mendagri Akan Pecat 100 Pejabat

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo.

Komitmen Bersih Praktik Korupsi, Mendagri Akan Pecat 100 Pejabat

Jakarta | rakyatmedan.com
Menteri Dalam Negeri (mendagri) Tjahjo Kumolo berkomitmen menciptakan Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) yang bersih dari praktik tindak pidana korupsi. Karena dia, sekitar 100 orang pejabat di Kemdagri bakal menerima sanksi pemecatan karena menjalankan praktek tercela tersebut.

“Sudah mendekati 100-an orang, mulai eselon II, direktur IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) yang saya pecat, baik tidak hormat atau pensiun dini,” kata Tjahjo, usai apel Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2016 di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), Jakarta, Senin (3/10).

Menurut dia, pengumuman para pejabat yang diberhentikan tersebut segera disampaikan kepada publik. “Nanti, saya umumkan, walaupun tidak nama-namanya. Kami ingin bahwa ini (Kemdagri) harus bersih, punya tanggung jawab,” imbuhnya.

Pada kesempata itu, Tjahjo juga menyatakan, Kemdagri tengah berusaha mencapai target penyerapan anggaran.

“Sekarang sudah mencapai 70-80 persen penyerapannya. Tidak ada yang penuh, tapi minimal di atas 85 persen diapresiasi,” ujarnya.

Dia mengemukakan, proses mekanisme tender di Kemdagri pun tidak ada yang dimonopoli. “Semua dibagi rata. Jangan dipegang satu orang yang memborong proyek,” tegasnya. (rm/sp)

portal berita medan
informatif & terpercaya