Dorong Pasar, XL Tambah 11.000 BTS

PELUNCURAN FREKUENSI U900. Direktur/Chief Commerce Offiser XL, Kirill Mankovski (tengah) saat peluncuran layanan 3G yang lebih luas dan berkualitas di Medan, Senin (3/10).
PELUNCURAN FREKUENSI U900. Direktur/Chief Commerce Offiser XL, Kirill Mankovski (tengah) saat peluncuran jaringan 3G di Frekuensi U900 di Medan, Senin (3/10)

Dorong Pasar, XL Tambah 11.000 BTS
Medan | rakyatmedan.com
PT XL Axiata Tbk (XL) berencana menambah 11.000 base transceiver stations (BTS) 3G lagi guna mendukung realisasi jaringan 3G di frekuensi 900 Mhz atau U900. Rencananya, XL akan fokus mengembangkan jaringan di wilayah Sumatra, Sulawesi dan Kalimantan.

Direktur/Chief Commerce Offiser XL, Kirill Mankovski mengatakan, 60 persen pengguna di wilayah Sumatra, Sulawesi dan Kalimantan masih menggunakan feature phone atau jaringan 2G, sedangkan pengguna ponsel pintar baru sekitar 10-15 persen.

Untuk itu, XL berniat mendorong agar pengguna menggunakan paket data. Penetrasi pengguna ponsel pintar yang berbasis 4G masih terbilang minim.

“Penetrasi smartphone juga masih minim di luar pulau Jawa,” kata Kirill saat peluncuran jaringan 3G di Frekuensi U900 di Medan, Senin (3/10).

Dia menjelaskan, jaringan yang diklaim lebih kuat dengan jangkauan luas ini bisa mendorong pertumbuhan pengguna di Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi hingga 10-18 persen. xL memiliki 6 juta pengguna atau subscriber dari ketiga wilayah.

Sejalan dengan peningkatan layanan broadband, mulai 1 Oktober, XL menghadirkan tiga produk khusus dengan tarif yang sangat kompetitif. Pertama, paket “Hotrod Xtra” yaitu paket internet spesial dengan manfaat akses data di jaringan 2G/3G/4G dan XTRA benefit telepon ke semua operator yang berlaku secara nasional.

Bagi pelanggan Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi diberikan special benefit, berupa tarif menelepon ke semua operator hanya Rp59/menit. Pada paket ini, pelanggan juga mendapatkan bonus 15 menit menelepon dan 150 MB untuk akses data.

“Bonus ini diberikan setiap bulan selama 3 bulan. Bonus akan dilipatgandakan pada bulan keempat hingga 12 menit menjadi 30 menit dan 300 MB,” ujarnya.

Pada produk ketiga, yaitu Paket “Xtra Bicara”, pelanggan akan mendapatkan bebas menelepon sepuasnya ke sesama operator XL, dan menelepon ke operator lain dan akses data di jaringan 2G/3G/4G.

Secara umum, layanan 3G di frekwensi 900 MHz dapat memberi pengalaman baru layanan komunikasi digital dengan berbagai kelebihannya. Antara lain dengan penetrasi sinyal 3G yang lebih baik, khususnya di dalam ruangan serta akses internet yang lebih stabil dan dengan kecepatan tinggi. (rm-02)