Enam Orang di Kemenhub Terjaring OTT, Rp1 Miliar Disita

Presiden Jokowi mendatangi kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (11/10). Jokowi mendatangi Kemenhub saat Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Polri terkait praktek pungli perizinan kapal.
Presiden Jokowi mendatangi kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (11/10). Jokowi mendatangi Kemenhub saat Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Polri terkait praktek pungli perizinan kapal.

Enam Orang di Kemenhub Terjaring OTT, Rp1 Miliar Disita

Jakarta | rakyatmedan.com
Satgas gabungan Mabes Polri dan Polda Metro Jaya menangkap tangan enam pegawai Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang melakukan pungutan liar (pungli) senilai Rp34 juta di lantai 6 dan Rp61 juta di lantai 12 gedung Kemenhub.

“OTT (Operasi Tangkap Tangan) di lantai 6, ada 152 pelayanan di loket Direktorat Laut. Dari situ kita kembangkan ada aliran dana ke lantai 12 ke ruang Kasi, Kasudin,” ujar Kabid Humas Polda Metro, Kombespol Awi Setiyono di Kemenhub, Jakarta, Selasa (11/10).

Enam orang tersebut terdiri atas dua PNS yang merupakan staf Kemenhub golongan 2D, satu orang dari pihak swasta, dan tiga orang tenaga honorer.

“Barbuk (barang bukti) Rp34 juta lantai 6 langsung dari tangan petugas dan calo. Lantai 12 ada Rp61 juta tunai, tabungan Rp1 miliar,” ucap Awi

“Uang mengalir ke Kasi dan Kasudin. Inisial AR, AD, D, T, N, M. Uang yang kita tangkap tertulis uang untuk siapa untuk siapa,” tambah Awi.

OTT kali ini merupakan hasil penelusuran satgas selama satu bulan, yang berasal dari laporan masyarakat.

“Ada PT KSM 4 urus izin buku pelaut, PT SBI Kelautan urus stempel buku pelaut, ada 35 siswa harusnya selesai online,” ujar Awi

Sementara, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menjelaskan, OTT terkait pungli perizinan kapal. Pungli dimulai dari pembuatan buku pelaut, pengurusan kapal dan pergantian bendera kapal. Selain itu, pungli juga terkait panjang izin berlayar dan panjang kapal.

“Barang bukti dan saksi lengkap dokumen ada. Kita juga kembangkan ke wilayah lain, Polda lain di Indonesia,” tegas Tito.

Tangkap dan Pecat
Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan langsung operasi tangkap tangan (OTT) pungli di Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Jokowi meminta PNS yang menjadi pungli langsung ditindak tegas.

“Saya perintahkan Menpan untuk tangkap dan langsung pecat,” tegas Jokowi.

Jokowi menjelaskan, pemerintah baru saja meluncurkan Operasi Pemberantasan Pungli (OPP). Namun yang membuat Jokowi kaget, baru saja OPP diluncurkan, sudah ada penangkapan.

“Baru saja (OPP diluncurkan), sudah kejadian seperti ini (OTT pungli di Kemenhub),” kata Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan kedatangannya ke Kemenhub untuk melihat dan sekaligus memastikan OTT yang merupakan kerja sama Kemenhub dengan Polri.

“Dan saya perlu peringatkan seluruh lembaga, seluruh instansi mulai sekarang ini, mulai setop yang namanya pungli. Hentikan yang namanya pungli, terutama terkait pelayanan kepada masyarakat. Setop, hentikan,” tegas Jokowi. (rm/l6)

portal berita medan
informatif & terpercaya