Hakim Tolak Eksepsi Koruptor Rusunawa Sibolga

Adely Lis (berbatik) dan Januar Efendy Siregar mendengarkan putusan sela yang dibacakan majelis hakim.
Adely Lis (berbatik) dan Januar Efendy Siregar mendengarkan putusan sela yang dibacakan majelis hakim.

Hakim Tolak Eksepsi Koruptor Rusunawa Sibolga

Medan | rakyatmedan.com
Majelis hakim Pengadilan Tipikor di Pengadilan Negeri Medan menolak eksepsi dua terdakwa kasus dugaan korupsi proyek pembangunan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) di Kota Sibolga, yang merugikan negara Rp3,2 miliar.

Dua terdakwa yang ditolak eksepsinya adalah pelaksana tugas Kadis Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pemko Sibolga, Januar Efendy Siregar, dan Adely Lis selaku rekanan. Adely Lis merupakan adik kandung dari Adelin Lis, buronan Kejagung dalam kasus korupsi kehutanan.

“Eksepsi yang diajukan masing-masing terdakwa telah memasuki materi pokok persidangan,” ucap Ketua Majelis Hakim Parlindungan Sinaga, dalam persidangan yang berlangsung di ruang Cakra III Pengadilan Tipikor Medan, Selasa (11/10).

Dalam putusan sela itu, majelis hakim memerintahkan penuntut umum menghadirkan para saksi dan ahli, serta kedua terdakwa di persidangan berikutnya. Usai membacakan putusan selanya, majelis hakim menunda persidangan hingga pekan depan.

Sebelumnya, penuntut umum dalam tanggapannya menyatakan tetap pada dakwaannya atas keberatan dari penasehat hukum terdakwa.

Dalam kasus ini Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara menangguhkan penahanan Adely Lis. Penyidik beralasan penangguhan dilakukan karena Adely Lis menderita penyakit jantung. Sedangkan Januar Efendy Siregar masih ditahan di Rutan Tanjung Gusta Medan. (rm/mtc)

portal berita medan
informatif & terpercaya