BLU PUPR Salurkan 475.000 Unit KPR

Bisnis properti menjanjikan
Bisnis properti menjanjikan

BLU PUPR Salurkan 475.000 Unit KPR
Jakarta | rakyatmedan.com
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (BLU PPDPP) telah menyalurkan 475.000 unit rumah dengan KPR FLPP hingga Oktober 2016.

Direktur Utama BLU PPDPP Budi Hartono mengatakan penyediaan perumahan merupakan tanggung jawab berbagai pihaj, baik pemerintah, pengembang, swasta, bank maupun masyarakat. “Pemerintah sudah menyalurkan KPR FLPP sejak dicanangkan Program Satu Juta Rumah pada 29 April 2015 lalu,” kata Budi dalam siaran pers di Jakarta, Kamis (13/10).

Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan, Maurin sitorus mengatakan, masalah perumahan di Indonesia saat ini yaitu backlog (kekurangan jumlah rumah) dan rumah tidak layak huni.

“Dibutuhkan Rp 1.500 triliun untuk menangani semua itu. Pemerintah tidak memiliki anggaran sebesar itu. Maka masalah perumahan itu menjadi tanggung jawab kita semua. Bagaimana kita menjalankan peran masing-masing secara maksimal,” katanya.

Maurin juga mengungkapkan pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mendorong program satu juga rumah. Saat ini, kata Maurin, suku bunga KPR (Kredit Pemilikan Rumah) FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) adalah 5 persen.

Besaran ini, menurutnya lebih rendah bila dibandingkan dengan suku bunga komersil yang mencapai 12-14 persen.

Selain itu, jangka waktu cicilan hingga 20 tahun dan dibebaskan PPN. Di sisi lain, pemerintah juga berikan bantuan Prasarana dan Sarana Umum (PSU) pada perumahan bersubsidi sebesar Rp6,2 juta per unit. (rm/ril)

portal berita medan
informatif & terpercaya