Google: Pengguna Bisa Root Pixel dan Pixel XL

Google mengonfirmasi pembeli ponsel Pixel dari toko Google akan dapat melakukan root pada perangkatnya.
Google mengonfirmasi pembeli ponsel Pixel dari toko Google akan dapat melakukan root pada perangkatnya.

Google: Pengguna Bisa Root Pixel dan Pixel XL

Jakarta | rakyatmedan.com
Google mengonfirmasikan bahwa bootloader pada dua ponsel terbarunya, yaitu Pixel dan Pixel XL, tidak akan terkunci. Hal ini memungkinkan pengguna smartphone itu untuk melakukan root pada perangkat tersebut.

Namun, perangkat dengan bootloader tidak terkunci tersebut hanya dapat didapatkan di penjual selain operator seluler Verizon. Informasi ini disampaikan oleh jurubicara Google, Iska Saric, untuk menjawab pertanyaan dari WonderHowTo.

Saric menyebut, pemilik Pixel yang membeli perangkat dari toko Google akan dapat melakukan root pada perangkat mereka. Ponsel Pixel yang dibeli dari toko Google, lanjut Saric, akan didistribusikan dengan bootloader dengan kunci yang dapat dibuka.

Perangkat dengan bootloader yang tidak dikunci berarti floodgate untuk perbaikan khusus dan alat rooting otomatis akan terbuka lebar sejak hari pertama diaktifkan. Hal ini memungkinkan pengembang untuk dapat melakukan crack pada perangkat secara langsung.

Sayangnya, ponsel Pixel yang telah di-root tidak akan dapat menerima update OTA, yang menjadi salah satu kekurangan terbesar ponsel tersebut. Namun, kasus serupa juga dapat dialami oleh perangkat seri Nexus.

Proses rooting mengharuskan modifikasi partisi dan jika update utilitas mendeteksi partisipasi termodifikasi, update OTA tidak akan dapat diaplikasikan pada perangkat. Sementara itu, Google Pixel diperkirakan akan didistribusikan sebanyak tiga hingga empat juta unit, hingga akhir 2016. (rm/mtc)

portal berita medan
informatif & terpercaya