Tuntut Pencairan Dana Relokasi, Sartono Tewas Terjatuh di Kantor Bupati Karo

Suasana demo warga korban erupsi Gunung Sinabung di Kantor Bupati Karo.
Suasana demo warga korban erupsi Gunung Sinabung di Kantor Bupati Karo.

Tuntut Pencairan Dana Relokasi, Sartono Tewas Terjatuh di Kantor Bupati Karo

Karo | rakyatmedan.com
Sekira 300-an warga korban pengungsi erupsi Gunung Sinabung asal Desa Gurukinayan, Kecamatan Payung menggeruduk Kantor Bupati Karo, Selasa pagi (18/10).

Dalam aksi yang berujung anarkis antara warga dengan personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) itu, salah seorang warga Sartono Sembiring (61) terjatuh dari lantai 2 Kantor Bupati Karo.

Alhasil, pria yang kesehariannya berprofesi sebagai petani itu tewas, setelah sebelumnya sempat mendapat perawatan di Rumah Sakit Umum (RSU) Ester, Kabanjahe.

“Sempat terjadi dorong-dorongan antara warga sama Satpol PP. Korban kemudian terjatuh dari lantai 2 Kantor Bupati Karo, dan langsung dibawa ke rumah sakit. Tak berapa lama, korban meninggal. Kejadian itu, sebelum polisi datang ke lokasi,” ungkap Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Rina Sari Ginting melalui Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (18/10).

Dalam aksi itu sendiri, lanjut Nainggolan, warga korban pengungsi Sinabung sempat bertahan di Kantor Bupati Karo.

“Tadi sempat bertahan di Kantor Bupati, tapi sekarang sudah di Gedung DPRD Karo. Tadi waktu masih bertahan di Kantor Bupati, sempat terjadi pengerusakan salah satu pintu Kantor Bupati oleh warga dengan cata melempar dengan pot bunga,” bebernya.

Aksi warga korban erupsi Gunung Sinabung itu, sebut Nainggolan, dilatarbelakangi permintaan warga agar dana relokasi tahap 2 dicairkan.

“Warga minta dana relokasi dicairkan, tapi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo belum bisa mencairkannya. Dari situlah kemudian menimbulkan kemarahan warga, dan terjadilah aksi saling dorong antara warga dengan Satpol PP. Sejauh ini, kita (polisi) masih melakukan penyelidikan,” beber Nainggolan. (rm-04)

portal berita medan
informatif & terpercaya