Eksepsi Dua Terdakwa Kasus Korupsi Bank Sumut Ditolak

Tiga terdakwa korupsi Bank Sumut yang masih buron.
Tiga terdakwa korupsi Bank Sumut yang masih buron.

Eksepsi Dua Terdakwa Kasus Korupsi Bank Sumut Ditolak

Medan | rakyatmedan.com
Majelis hakim Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Medan menolak eksepsi (nota keberatan) yang diajukan tim kuasa hukum dua terdakwa kasus korupsi dana pengadaan sewa mobil dinas dan operasional Bank Sumut yang merugikan negara Rp10,8 miliar.

Dalam sidang dengan agenda putusan sela itu, Ahmad Sayuti, ketua majelis hakim memerintahkan untuk melanjutkan persidangan yang mendudukkan terdakwa mantan Direktur Operasional Bank Sumut M Yahya dan M Jefri Sitindaon selaku mantan Asisten III Divisi Umum Bank Sumut.

“Memutuskan tidak menerima eksepsi terdakwa dan memerintahkan melanjutkan persidangan dengan agenda mendengar keterangan saksi dan pembuktian,” kata Ahmad dalam sidang yang digelar di lantai II gedung eks Pengadilan Tinggi pada Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (20/10).

Majelis menilai eksepsi yang diajukan sudah masuk ke materi perkara. Menurut majelis, dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) sudah sesuai. ‘

Majelis hakim memerintahkan jaksa segera mempersiapkan saksi dan bukti-bukti pada sidang selanjutnya yang akan digelar pekan depan.

Tim JPU, Netty Silaen, mengatakan akan menghadirkan beberapa pejabat penting di pemerintah Sumatera Utara serta pejabat Bank Sumut.  “Ada 40 saksi yang bakal kami persiapkan,” ucap Netty.

Sedangkan tim kuasa hukum para terdakwa, Julisman, mengatakan akan menyiapkan saksi meringankan dan saksi ahli.

“Kami butuh empat agenda sidang untuk menyiapkan saksi dari tim kuasa hukum,” kata dia. (rm/mtc)

portal berita medan
informatif & terpercaya