Jokowi Ajak Gubernur Berantas Pungli di Daerah

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Jokowi Ajak Gubernur Berantas Pungli di Daerah

Jakarta | rakyatmedan.com
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan gubernur se-Indonesia di Istana Negara. Jokowi ingin mengingatkan para gubernur soal pemberantasan pungli dan berbelitnya pengurusan izin.

Jokowi mengatakan, pungli sudah sangat mengakar di Indonesia. Hampir di setiap pelayanan pungli muncul. Saking banyaknya pungli, masyarakat akhirnya bersikap permisif.

“Pungli ini sudah bertahun-tahun dan kita menganggap hal yang normal saja, biasa saja, kita permisif terhadap pungli itu,” ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (20/10).

Jokowi ingin mengajak para gubernur untuk berdiskusi dan mencari jalan keluar atas masalah ini. Sehingga segala bentuk pungli bisa terus ditekan. Dia meminta para gubernur segera melakukan langkah terbaik agar pungli di daerah bisa hilang.

“Saya mengajak gubernur membicarakan langkah konkret pungli di daerah. Hal apapun yang berkaitan dengan pungutan yang tidak resmi harus bersama-sama untuk mulai kurangi dan hilangkan. Dan dengan keterpaduan itulah nanti kita harapkan pemberantasan pungli semakin efektif,” pungkas Jokowi. (rm/l6)

portal berita medan
informatif & terpercaya