Liverpool vs WBA: Wajib Tiga Poin!

Para pemain Liverpool melakukan pemanasan jelang laga konta MU (foto AFP: Paul Ellis)
Para pemain Liverpool melakukan pemanasan jelang laga konta MU (foto AFP: Paul Ellis)

Liverpool vs WBA: Wajib Tiga Poin!
Jakarta | rakyatmedan.com
Tidak ada kata lain selain tiga poin. Itu sesuatu yang harus didapat Liverpool saat menjamu West Bromwich Albion (WBA) pada pekan kesembilan Liga Primer Inggris, Sabtu (22/10).

Tiga poin jadi agenda penting Liverpool pada pertandingan kali ini setelah ditahan imbang dengan skor 0-0 oleh Manchester United awal pekan ini dalam North-West Derby. Akan tetapi, sang tuan rumah wajib waspada karena WBA terkenal sering merepotkan The Reds baik dalam laga kandang maupun tandang.

Liverpool akan memakai pertandingan ini sebagai pelampiasan setelah gagal meraih poin penuh pada laga sebelumnya. Apalagi ini main di kandang, wajib hukumnya bagi Juergen Klopp dan anak asuhnya untuk memuaskan para Kopites yang akan memadati The New Anfield.

Klopp bisa kembali menurunkan skuat terbaik setelah tanpa Georginio Wijnaldum dan hanya menurunkan Adam Lallana setengah jam saja pada pertandingan sebelumnya. Ketiadaan Wijnaldum dan Lallana sangat terasa karena permainan Liverpool yang biasanya cepat cenderung melambat. Pengganti, Emre Can dan Daniel Sturridge kurang berhasil menerjemahkan cara bermain yang diinginkan Klopp.

Posisi sayap masih akan menjadi andalan Klopp untuk membongkar pertahanan lawan. Sadio Mane dan Philippe Coutinho dituntut lebih kreatif untuk menusuk jantung pertahanan WBA dibantu overlap dari Nathanel Clyne dan James Milner. Kembalinya Wijnaldum dan Lallana diharapkan bisa membuat permainan The Reds makin dinamis.

Sementara itu, WBA tidak dalam kondisi baik, meski dalam laga terakhir berhasil menahan imbang 1-1 Tottenham Hotspur. Akan tetapi, itu menjadi hasil imbang ketiga beruntun bagi anak asuh Tony Pulis di ajang Liga Primer Inggris. Tentu bukan kondisi ideal bagi sang tamu yang akan bermain di hadapan pendukung fanatik Liverpool.

Di lini belakang, mereka akan kehilangan Jonny Evans yang selama ini menjadi andalan. Mantan pemain Manchester United itu tak akan bermain karena mendapat kartu merah pada laga sebelumnya. Selain itu, pemain yang lain siap untuk turun bermain pada laga malam nanti.

Dari rekor pertemuan, WBA pantas percaya diri karena selalu berhasil merepotkan Liverpool. Dari enam laga, mereka berhasil menahan imbang The Reds sebanyak empat kali, walaupun dua kali mereka harus menelan kekalahan di Anfield pada 2013 dan 2014. Tapi, itu sudah cukup bagi Liverpool untuk mewaspadai calon lawan mereka.

Kewajiban tiga poin bagi Liverpool pada pertandingan ini sangat besar karena mereka akan menghadapi Tottenham pada pekan selanjutnya. Jika rencana bermain berjalan dengan baik, serta Lallana dan Wijnaldum bisa main, tiga poin berpihak kepada tuan rumah, meski mungkin menang dengan skor tipis. (rm/mtc)

portal berita medan
informatif & terpercaya