Crutchlow Juara GP Australia

Pembalap LCR Honda Cal Crutchlow (tengah) naik podium juara di MotoGP Phillip Island, Minggu (23/10). (foto AFP: Jeremy Brown)
Pembalap LCR Honda Cal Crutchlow (tengah) naik podium juara di MotoGP Phillip Island, Minggu (23/10). (foto AFP: Jeremy Brown)

Crutchlow Juara GP Australia
Phillip Island | rakyatmedan.com
Pebalap LCR Honda, Cal Crutchlow, sukses menjuarai GP Australia setelah menjadi yang tercepat di Sirkuit Phillip Island, Minggu (23/10). Seri balapan diwarnai insiden terjatuhnya Marc Marquez.

Crutchlow mencatat waktu tercepat 40 menit 48, 543 detik atau unggul 4,218 detik dari Valentino Rossi yang berada di urutan kedua. Sementara posisi ketiga ditempati Maverick Vinales.

Marc Marquez yang telah memastikan diri juara MotoGP 2016 sebenarnya tetap tampil all out. Sempat memimpin balapan, namun ia akhirnya terjatuh di lap kesembilan dan tak mampu melanjutkan pertandingan.

Insiden terjatuhnya Marquez membuat Crutchlow yang berada di posisi kedua terlalu nyaman memimpin balapan. Sebab, jaraknya dengan Rossi yang berada di tempat kedua masih terlalu jauh.

Rossi yang memulai balapan dari posisi ke-15 tampil impresif sejak awal balapan. Ia mampu melewati pebalap lainnya satu-persatu, termasuk Lorenzo yang sempat berada di urutan ketujuh.

Pebalap asal Italia tersebut sukses melewati Maverick Vinales, Andrea Dovizioso dan Aleix Esparargo untuk merangsek ke posisi kedua. Namun, Rossi harus puas berada di posisi kedua di belakang Crutchlow yang unggul empat detik.

Nyaris senada dengan Crutchlow, cara Vinales untuk menyabet podium ketiga juga diwarnai insiden terjatuhnya Aleix Espargaro. Namun, pebalap Suzuki Ecstar itu tergelincir di empat lap tersisa.

Vinales berhasil sukses merebut tempat ketiga setelah sebelumnya bersaing ketat dengan Andrea Dovizioso.

Adapun Jorge Lorenzo yang masih berpeluang memperebutkan gelar runner-up MotoGP musim ini hanya mampu finis posisi keenam.

Hasil ini tak menggoyahkan posisi Marquez di puncak klasemen dengan raihan 273 poin atau masih unggul 57 poin dari Rossi yang berada di posisi kedua.

Sementara Lorenzo yang berada di peringkat ketiga dibuntuti Vinales yang kini mengemas 181 poin atau hanya terpaut 11 poin. (rm/cnn)

portal berita medan
informatif & terpercaya