Ahok Datangi Bareskrim Polri, Klarifikasi Kasus Dugaan Penistaan Agama

Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok)
Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok)

Ahok Datangi Bareskrim Polri, Klarifikasi Kasus Dugaan Penistaan Agama

Jakarta | rakyatmedan.com
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tiba di Bareskrim Polri, Jakarta. Kedatangannya untuk mengklarifikasi kasus dugaan penistaan agama yang dituduhkan padanya.

“Klarifikasi kasus Pulau Seribu soal surat Al-Maidah,” ujar Ahok di kantor Bareskrim Polri, Senin (24/10).

Ahok enggan menjelaskan lebih lanjut klarifikasi yang akan dia lakukan. “Nanti saja ya, nanti,” ucap dia.

Sementara itu, Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Agus Andrianto mengatakan, Ahok meminta kepada Bareskrim Polri agar memeriksanya terkait laporan dugaan penistaan agama.

“Sepertinya mau datang sendiri dia (Pak Ahok), berkoordinasi dengan penyidik. Dia mohon waktu untuk diperiksa,” kata Agus.

Menurut Agus, hingga kini pihaknya belum menjadwalkan pemeriksaan terhadap mantan Bupati Belitung Timur itu. Hanya saja, Ahok yang meminta sendiri untuk mengklarifikasi atas laporan dugaan penistaan agama.

“Dia yang minta untuk diklarifikasi,” ucap Agus.

Kasus dugaan penistaan agama ini bermula dari sebuah  video di sebuah akun Facebook bernama “Si Buni Yani” (SBY).

Video itu berisi potongan pidato Ahok saat bertemu warga di Kepulauan Seribu. Dalam video tersebut, Ahok dianggap menista agama karena mengutip potongan ayat di Alquran terkait kepemimpinan.

Atas bukti potongan video itu, Jumat (7/10), sejumlah elemen dari organisasi otonom Muhammadiyah, di antaranya Pemuda Muhammadiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) melaporkan Ahok atas dugaan penistaan agama ke Polda Metro Jaya.

Agus menjelaskan laporan yang diterima oleh beberapa Polda itu nantinya akan ditarik ke Bareskrim Polri. Sebab dugaan tindak pidana yang dilaporkan sama, yakni penistaan agama. “Artinya berapa pun laporan pasti dijadikan satu LP-nya,” ucap Agus. (rm/l6)

portal berita medan
informatif & terpercaya