Pemprovsu Masih Godok UMP

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Pemprovsu Masih Godok UMP
Medan | rakyatmedan.com
Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) hingga saat ini masih melakukan pembahasan mengenai kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun 2017.

Hal ini diungkapkan Sekda Provsu Hasban Ritonga kepada wartawan di Kantor Gubernur Sumut, Kamis (27/10).

Untuk UMP 2017, ungkap Hasban, sedang dibahas apalagi pada 1 November 2017 UMP sudah harus diumumkan.

Dikatakannya, ada pertimbangan-pertimbangan untuk menaikkan UMP, namun Hasban mengaku belum mengetahui secara pasti kenaikannya bergerak ke angka berapa.

“Untuk menaikkan upah minimum tersebut, harus melalui rapat dewan pengusaha yang juga harus dipertimbangkan, inflasi juga jadi pertimbangan dan nilai rupiah juga dipertimbangkan. Harapan kita kalau bisa penghasilan buruh itu bisa naik. Itu harapan kita, saya berpihak kesitu. Tetapi kan kelangsungan usaha, dunia usaha dipertimbangkan juga kan, agar jangan berpindah tempat atau tutup. Kedua belah pihak dipertimbangkan, pasti,” kata Hasban.

Dalam penetapan UMP 2017 itu, sebut Hasban, tanggal 1 November 2016 itu batas waktu yang dianjurkan diamanahkan.

Ia berharap penetapan UMP ini dapat dilakukan tepat waktu. Namun kalau pun harus molor tentunya diharapkan tidak terlalu lama.

“Kalau nanti molor, kata Hasban, molornya jangan terlalu lama, supaya kepastian hukum itu terjamin. Kita harapkan jangan molor,” ujarnya. (rm-04)

portal berita medan
informatif & terpercaya