Taklukkan Palace, Liverpool Kembali Samai Poin Man City

Roberto Firmino merayakan gol keempat Liverpool bersama gelandang Sadio Mane (kiri) dan Philippe Coutinho. (foto AFP: Glyn Kirk)
Roberto Firmino merayakan gol keempat Liverpool bersama gelandang Sadio Mane (kiri) dan Philippe Coutinho. (foto AFP: Glyn Kirk)

Taklukkan Palace, Liverpool Kembali Samai Poin Man City

London | rakyatmedan.com
Liverpool kembali menyamai poin pemimpin klasemen Manchester City setelah menaklukkan Crystal Palace 4-2 pada partai Premier League, di Stadion Selhurst Park, Minggu (30/10) dinihari WIB.

Liverpool unggul lebih dulu melalui Emre Can pada menit ke-16, namun dua menit kemudian James McArthur menyamakan skor. Pada menit ke-21, Dejan Lovren membawa Liverpool kembali unggul.

Pada menit ke-33, McArthur mencetak gol keduanya dalam laga ini dan membawa skor imbang menjadi 2-2. Namun Joel Matip membawa Liverpool kembali unggul dan mengubah skor menjadi 3-2, satu menit sebelum waktu normal babak pertama usai. Liverpool menambah keunggulan menjadi 4-2 melalui gol Roberto Firmino pada babak kedua.

Poin Liverpool kini sama dengan penghuni puncak klasemen Man City dan tim yang berada di urutan kedua, Arsenal. Ketiganya kini telah meraih 23 poin. Posisi mereka di klasemen hanya dibedakan selisih gol. Dalam pertandingan sebelumnya Manchester City menang 4-0 di kandang West Bromwich Albion. Arsenal juga menaklukkan tuan rumah Sunderland, 4-1.

Gol pertama Liverpool berawal dari umpan Coutinho yang langsung disambut Alberto Moreno dengan memberikan umpan ke depan gawang. Can yang sudah berada di depan gawang tak menyia-nyiakan peluang.

Namun hanya berselisih dua menit, giliran gawang Liverpool kebobolan. Gol berawal dari blunder yang dilakukan bek liverpool Dejan Lovren yang bermaksud menyapu bola. Hasil tendangannya membuat bola melambung dan langsung disundul McArthur dan melesak ke gawang tim tamu.

Lovren hanya butuh tiga menit untuk menebus kesalahannya. Dia berhasil memanfaatkan bola umpan dari sepak pojok untuk membawa Liverpool memimpin 2-1.

Sayangnya, kelalaian Lovren kembali membuat Liverpool harus kebobolan. Bek bernomor punggung 6 itu gagal menjaga dengan baik McArthur sehingga skor pun berubah menjadi 2-2.

Gol yang membawa pasukan tuan rumah menyamakan kedudukan dicetak McArthur pada menit ke-33. Gol keduanya ini terjadi melalui serangan balik. Wlfred Zaha mengirimkan umpan dari sisi kiri pertahanan Liverpool dan disundul oleh gelandang asal Skotlandia itu.

Namun pada menit ke-44, Liverpool mampu kembali melesakkan gol ke gawang tuan rumah. Gol yang dicetak Joel Matip pada menit ke-42 membawa Liverpool kembali memimpin atas tuan rumah Crystal Palace dan unggul 3-2.

Matip yang tak terkawal mencetak gol lewat sundulan. Tandukan kerasnya tak mampu diselamatkan kiper Steve Mandanda.

Memasuki babak kedua tim tetap saling menyerang. Palace sempat memiliki peluang pada menit ke-51. Tendangan bebas James Tomkins disambut Scott Dann yang langsung membuat umpan dengan dada untuk Christian Benteke.

Penyerang asal Belgia ini langsung melancarkan tendangan kaki kanan. Namun kiper Karius mampu meredam bola. Enam menit kemudian, Benteke juga mendapat peluang emas. Namun tendangan kaki kanannya terlalu lemah dan Karius kembali mampu menyelamatkan gawangnya.

Pada menit ke-59, tuan rumah seharusnya mendapat hadiah penalti ketika Zaha dan Benteke bergantian diganjar pemain Liverpool. Namun wasit Andre Marriner tak memedulikan protes para pemain tuan rumah.

Liverpool menambah keunggulan menjadi 4-2 pada menit ke-71. Gol yang membuat tim tamu unggul dengan selisih dua gol dilesakkan Roberto Firmino.

Gol yang dicetak pemain asal Brasil ini terjadi berkat kejelian gelandang Jordan Henderson. Pemain timnas Inggris ini melihat celah di lini belakang Palace lalu mengirimkan umpan terobosan.

Firmino menyambut dengan tenang umpan itu lalu menceploskan bola ke gawang meski kiper Steve Mandanda berupaya menutup ruang tembak. (rm/sportinglife)

portal berita medan
informatif & terpercaya