Satgas Saber Pungli Medan Akan Utamakan Pencegahan

CEGAH PUNGLI. Walikota Dzulmi Eldin menandatangani Pakta Integritas Pemberantasan Pungli. Pakta Integritas ini juga ditandatangani unsur FKPD lainnya di Lapangan Benteng Medan, Selasa (1/11)
CEGAH PUNGLI. Walikota Dzulmi Eldin menandatangani Pakta Integritas Pemberantasan Pungli. Pakta Integritas ini juga ditandatangani unsur FKPD lainnya di Lapangan Benteng Medan, Selasa (1/11)

Satgas Saber Pungli Medan Akan Utamakan Pencegahan

Medan | rakyatmedan.com
Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto mengatakan, Satuan Tugas Sapu Bersih (Satgas Saber) Pungli yang dikukuhkan pada Selasa (1/11) di Lapangan Benteng, Medan akan mengutamakan pencegahan.

Mardiaz mengatakan, untuk Ketua Satgas Saber Pungli Kota Medan, dijabat Wakapolrestabes Medan, sedangkan wakil ketuanya Kepala Inspektorat Kota Medan dan Kasi Intel kejari Kota Medan.

Mardiaz menyebutkan, tim ini dibagi menjadi 4 kelompok kerja. Pertama, kelompok intelijen, kedua pencegahan, ketiga yustitisi dan keempat penindakan.

“Masing-masing tim akan melakukan langkah-langkah. Yang utama melakukan pencegahan. Untuk itu dalam rapat koordinasi dengan unsur SKPD, kita telah mengundang pimpinan unit menyangkut pelayanan dengan masyarakat, baik yang berada di lingkungan Polrestabes Medan seperti pelayanan SIM dan SKCK maupun lingkungan Pemko Medan diantaranya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Dinas Perhubungan,” jelasnya.

Mardiaz mengatakan, langkah yang dilakukan tim selanjutnya untuk mengecek langsung apakah ada biaya tambahan yang dilakukan diluar yang telah ditetapkan sesuai aturan kepada masyarakat ketika melakukan pengurusan untuk mendapatkan pelayanan publik.

“Sebagai langkah awal kita akan melakukan sosialisasi dulu. Contohnya pelayanan SIM, masyarakat hanya diwajibkan membayar pengurusan SIM Rp120 ribu. Apabila diminta melebihi itu, jangan dipercaya. Berati itu ada calo yang mengambil kesempatan begitu juga ketika masyarakat melakukan pengurusan di instansi pelayanan publik lainnya di Kota Medan,” paparnya.

Setelah dilakukan sosialisasi, Kapolrestabes menegaskan tim akan melakukan pengecekan langsung ke instansi pelayanan publik yang bersangkutan. Apabila ditemukan ada pengutipan yang melebihi ketentuan berlaku, maka tim akan melakukan penindakan sesuai dengan peraturan hukum berlaku.

Apel Kebangsaan dan Peningkatan Keamanan serta Sinegitas FKPD Medan dalam Tindakan Saber Pungli diawali dengan laporan komandan upacara kepada inspektur upacara. Setelah itu Wali Kota selaku inspektur upacara didampingi unsur FKPD Kota Medan mengecek kesiapan apasukan. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan nota kesepahaman keamanan dan pakta integritas, termasuk membacakan nama yang masuk dalam struktur Satgas Saber Pungli Kota Medan serta penandatanganan fakta integritas. (rm-05)

portal berita medan
informatif & terpercaya