Mencoba Menikam Prajurit Israel, Warga Palestina Ditembak mati

Polisi Israel di sekitar lokasi kejadian (Foto: Anadolu).
Polisi Israel di sekitar lokasi kejadian (Foto: Anadolu).

Mencoba Menikam Prajurit Israel, Warga Palestina Ditembak Mati

Tepi Barat | rakyatmedan.com
Prajurit Israel menembak mati seorang warga Palestina yang mencoba menikam seorang prajurit Israel.

Kejadian berlangsung di sebuah tempat pemukiman di Tepi Barat, pada Kamis 4 November.

“Prajurit itu diserang saat menjaga sebuah halte bus di dekat Ofra,” ujar pernyataan pihak militer Israel, seperti dikutip Middle East Monitor, Jumat (4/11).

“Merespons ancaman, pasukan yang berada di lokasi menembakan pelaku penyerangan. Pelaku akhirnya tewas,” lanjut pernyataan itu.

Selama beberapa tahun terakhir, warga Palestina melakukan serangan acak dengan menggunakan senjata tajam atau bahkan dengan kendaraan bermotor. Sebanyak 35 warga Israel dan dua warga Amerika Serikat (AS) tewas dalam rangkaian serangan itu.

Pada periode sama, setidak 226 warga Palestina tewas dalam insiden kekerasan di Tepi Barat, Yerusalem Timur dan Gaza. Israel mengidentifikasi 154 dari 226 warga itu adalah pelaku penyerangan dan sisanya adalah pelaku biasa.

Palestina menuduh kepolisian Israel dan prajurit Negara Yahudi itu menggunakan kekerasan berlebihan dalam banyak kasus. Israel pun sudah melakukan penyelidikan terbuka melalui insiden pennyerangan.

Para pemimpin Palestina mengatakan, mereka yang melakukan penyerangan karena putus asa usai gagalnya pembicaraan damai pada 2014. Ekspansi Israel terhadap lahan di Yerusalem Timur, juga menimbulkan kemarahan dari pihak Palestina. (rm/mem)