Walikota Medan Buka Festival Tari Kolosal Batak

Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi membuka festival tarian kolosal batak, di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (6/11) pagi.
Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi membuka festival tarian kolosal batak, di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (6/11) pagi.

Walikota Medan Buka Festival Tari Kolosal Batak

Medan | rakyatmedan.com
Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi membuka festival tarian kolosal batak, di Lap. Merdeka Medan, Minggu (6/11) pagi. Diharapkan melalui festival tari kolosal batak ini masyarakat khususnya generasi muda dapat semakin mencintai budaya batak yang ada di Kota Medan.

Hadir dalam pembukaan festival tari kolosal batak ini Anggota DPRD Kota Medan M.Arif, MM, Director Briton International English School Sirajuddin Tenri, Ketua Pimpinan wilayah Pemuda Muhammadiyah Sumut Rusli Mubarak, para kepala sekolah, guru, serta orang tua siswa peserta lomba.

Dikatakan Eldin, bangsa Indonesia memiliki beragam kebudayaan yang membentuk ciri khas yang sangat kaya akan adat istiadat, kesenian, dan berbagai nilai norma dari masing-masing etnis. Namun, perlu diketahui arus globalisasi dan kemajuan teknologi dewasa ini kian hari kian menggerus adat dan budaya asli bangsa Indonesia, hal ini tentunya tidak dapat dibiarkan.

Perlu adanya sebuah gerakan untuk melestarikan adat budaya asli Indonesia, salah satunya yang berasal dari Sumatera Utara, yaitu adat istiadat Batak. Untuk itulah, Dzulmi Eldin sangat mendukung diselenggarakannya Festival Tari Kolosal Batak ini, diharapkan dapat mengingatkan kembali akan budaya dan kesenian batak serta nantinya akan dapat mempromosikan kesenian ini hingga kepada masyarakat dunia.

“Saya sungguh menyambut baik diselenggarakannya festival tari kolosal batak ini, semoga festival ini menjadi salah satu agenda dalam menjaga dan melestarikan budaya batak yang ada dikota medan sehingga pada akhirnya dapat mempromosikan kepada khalayak bahwa bangsa Indonesia sangat kaya dan kuat karena mengakar kepada kearifan lokal dan budaya asli nenek moyang,” kata Eldin.

Sebelumnya Director Briton International English School Sirajuddin Tenri mengatakan pergelaran festival tari kolosal batak ini menjadi sangat berharga bagi anak-anak karena dapat mengenalkan lebih jauh kepada anak-anak tentang budaya batak.

“Saya berharap kegiatan ini dapat terus ditingkatkan untuk melestarikan budaya batak,” harap Sirajuddin.

Festival ini di ikuti 21 sekolah, dengan jumlah peserta sekitar 1000 siswa SD dari Kota Medan. (rm-05)

portal berita medan
informatif & terpercaya