Intel Buat Drone Khusus untuk Light Show

Drone Shooting Star dari Intel.
Drone Shooting Star dari Intel.


Intel Buat Drone Khusus untuk Light Show


Medan | rakyatmedan.com
Intel baru saja memperkenalkan Shooting Star, sebuah drone quadcopter yang dibuat dengan tujuan untuk menampilkan light show.

Shooting Star dilengkapi dengan software yang akan melakukan otomatisasi gerakan drone. Software tersebut akan mengirimkan perintah pada sekumpulan drone untuk membentuk pola tertentu. Software itu bahkan akan memilih drone berdasarkan sisa baterai dan penerimaan sinyal GPS.

Dengan bantuan drone-drone ini, light show yang perlu disiapkan dalam waktu berminggu-minggu, kini bisa disiapkan dalam waktu beberapa hari, kata Intel.

Menurut laporan Engadget, hanya diperlukan satu pilot untuk mengendalikan sekumpulan drone Shooting Star. Drone ini juga dilengkapi dengan lampu LED yang dapat menyala dalam kombinasi 4 miliar warna.

Sementara itu, hardware drone ini dibuat dengan tujuan untuk meminimalisir luka jika terjadi kecelakaan. Drone ini terbuat dari busa, plastik dan baling-baling dengan sarang untuk melindungi orang-orang yang menonton di bawah. Shooting Star dapat terbang dalam keadaan hujan ringan, sehingga sebuah acara tidak perlu dibatalkan hanya karena cuaca yang kurang baik.

Sayangnya, Intel belum menyebutkan berapa harga dari Shooting Star. Mereka juga belum mengatakan apakah Shooting Star akan dijual untuk konsumen. Hal ini tidak mengherankan mengingat untuk menggunakan Shooting Star dengan efektif, Anda harus membeli puluhan atau bahkan ratusan drone.

Karena itu, Intel harus bisa mendapatkan persetujuan FAA di Amerika Serikat untuk menerbangkan sekumpulan drone oleh satu pilot. Jika Anda hanya ingin menerbangkan satu drone, saat ini, telah ada drone-drone lain yang dapat terbang lebih lama dari Shooting Star, yang hanya dapat bertahan selama 20 menit.

Namun, tidak bisa dimungkiri, teknologi pada Shooting Star akan sangat berguna bagi para pelaku dunia hiburan. Pada awal tahun 2016, Intel berhasil menerbangkan 100 drone dan memecahkan rekor dunia. Pada bulan Oktober, Intel berhasil menerbangkan 500 drone Shooting Star. (rm/engadget)

portal berita medan
informatif & terpercaya