Ngeri! Pasukan Irak Temukan Kuburan Berisi 100 Mayat Terpenggal

Tentara Irak temukan kuburan massal dengan 100 mayat terpenggal. (Foto Dokumentasi Al-Jazeera).
Tentara Irak temukan kuburan massal dengan 100 mayat terpenggal. (Foto Dokumentasi Al-Jazeera).

Mosul | rakyatmedan.com

Militer Irak menemukan sebuh lokasi kuburan massal di wilayah Mosul, Irak. Didalamnya terdapat 100 kerangka manusia dengan kondisi kepala terpenggal.

Jurubicara Komando Militer Gabungan, Brigadir Jenderal Yahya Rasool mengatakan, kuburan massal itu ditemukan pada Senin (7/11) waktu setempat di sebuah perguruan tinggi pertanian Kota Hammam al-Alil 14 km di pinggiran selatan Mosul. Saat ditemukan, kebanyakan kondisi mayat terpenggal itu sudah menjadi kerangka.

“Pasukan Irak menemukan 100 mayat warga dengan kepala mereka dipotong,” kata Yahya.

Seperti dilansir Al-Jazeera, tim forensik dari Baghdad akan memulai proses peyeledikan hari ini Selasa. Rasool melanjutkan kondisi mayat yang sudah rusak menyulitkan proses identifikasi apakah mayat-mayat tersebut dari warga sipil atau tentara.

Seperti diketahui, ISIS melakukan beberapa pembunuhan massal pascaterdesak ke wilayah utara dan tengah Irak sejak musim panas 2014. Mereka kerap kali mendokumentasikan aksinya dengan foto dan video yang beredar secara daring.

Pasukan Irak sendiri terus melancarkan operasi besar-besaran bulan lalu untuk mengusir ISIS dari wilayah Mosul dan sekitarnya. Imbasnya, PBB memperingatkan dua pekan lalu atas pembunuhan warga sipil oleh ISIS pasca serangan ofensif pasukan Irak di Mosul.

Organisasi bantuan, pejabat lokal, dan warga Mosul mengatakan ISIS telah mengeksekusi orang di Hammam al-Alil selama seminggu terakhir. Orang-orang tersebut dicurigai sebagai pemberontak karena membantu pasukan Pemerintah Irak. Sebagian besar korban yang dieksekusi adalah mantan polisi dan tentara anggota ISIS. (rm/Al-Jazeera)

portal berita medan
informatif & terpercaya